Integrasi Artificial Intelligence sebagai Inovasi Perancangan Perangkat Pembelajaran dan Asesmen Guru IPA

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v6i1.27964

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Asesmen Pembelajaran, ChatGPT, GEMINI, Kurikulum Merdeka, Perangkat Pembelajaran

Abstrak

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI, khususnya ChatGPT dan GEMINI, untuk pengembangan perangkat pembelajaran inovatif. Program pelatihan dan pendampingan dilaksanakan di SMPN 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, dengan melibatkan 26 guru IPA. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, workshop untuk menghasilkan produk pembelajaran, serta monitoring implementasi di kelas. Hasil pretest menunjukkan 65% peserta memiliki pemahaman rendah terkait konsep AI dan Kurikulum Merdeka. Setelah pelatihan, persentase tersebut meningkat menjadi 85% yang menunjukkan pemahaman baik. Workshop menghasilkan 10 perangkat pembelajaran berbasis AI yang dinilai inovatif, relevan, dan kreatif. Monitoring implementasi menunjukkan 75% peserta telah berhasil mengintegrasikan perangkat tersebut dalam pembelajaran di kelas. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh pendekatan pelatihan berbasis praktik langsung, pendampingan berkelanjutan, serta kolaborasi antar guru. Namun, beberapa guru masih menghadapi tantangan dalam menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan individual siswa. Program ini membuktikan bahwa pelatihan dan pendampingan berbasis praktik kolaboratif efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, serta mendorong terciptanya inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Biografi Penulis

Ryan Ardiansyah, Universitas Siliwangi

Pendidikan Biologi

Referensi

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731

Ardiansyah, R., Suprapto, P. K., & Diella, D. (2023). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran proyek untuk menunjang Profil Pelajar Pancasila. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.12526

Dewi, A. A. (2022). Pengembangan instrumen e-quiz pada pembelajaran daring materi ekosistem kelas VII SMP. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 212. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3279

Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855

Halpern, D. E. (1998). Teaching Critical Thinking for Transfer Across Domains Dispositions, Skills, Structure Training, and Metacognitive Monitoring. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0003-066X.53.4.449

Judijanto, L., Selviana, R., Rahmawati, E., Magdalena, L., Amilia, I. K., Fanani, M. Z., ... & Putra, B. P. P. (2025). Optimalisasi ChatGPT: Panduan dan Penerapan untuk Belajar, Mengajar, dan Membuat Konten Tanpa Batas. PT. Green Pustaka Indonesia.

Lim, T., Gottipati, S., & Cheong, M. L. F. (2023). Ethical Considerations for Artificial Intelligence in Educational Assessments (pp. 32–79). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0205-7.ch003

Moroianu, N., Iacob, S.-E., & Constantin, A. (2023). Artificial Intelligence in Education: a Systematic Review. In Geopolitical perspectives and technological challenges for sustainable growth in the 21st century (pp. 906–921). Sciendo. https://doi.org/10.2478/9788367405546-084

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Razilu, Z. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN Integrasi Artificial Intelligence dalam Teknologi Pendidikan. Penerbit Widina.

Saseanu, A. S., Gogonea, R.-M., & Ghita, S. I. (2024). The Social Impact of Using Artificial Intelligence in Education. Amfiteatru Economic, 26(65), 89. https://doi.org/10.24818/EA/2024/65/89

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629

Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280

Tasya, A. P., & Dwinta, A. L. (2025). Pengaruh Chatgpt Terhadap Pendidikan Di Indonesia: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Adaptasi. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 427-437

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21.

Yu, S., & Lu, Y. (2023). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. MASOKAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2770-5

Zanthy, L. S., Yuliani, A., & Minarti, E. D. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025