Integrasi Artificial Intelligence sebagai Inovasi Perancangan Perangkat Pembelajaran dan Asesmen Guru IPA
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v6i1.27964Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Asesmen Pembelajaran, ChatGPT, GEMINI, Kurikulum Merdeka, Perangkat PembelajaranAbstrak
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI, khususnya ChatGPT dan GEMINI, untuk pengembangan perangkat pembelajaran inovatif. Program pelatihan dan pendampingan dilaksanakan di SMPN 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, dengan melibatkan 26 guru IPA. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, workshop untuk menghasilkan produk pembelajaran, serta monitoring implementasi di kelas. Hasil pretest menunjukkan 65% peserta memiliki pemahaman rendah terkait konsep AI dan Kurikulum Merdeka. Setelah pelatihan, persentase tersebut meningkat menjadi 85% yang menunjukkan pemahaman baik. Workshop menghasilkan 10 perangkat pembelajaran berbasis AI yang dinilai inovatif, relevan, dan kreatif. Monitoring implementasi menunjukkan 75% peserta telah berhasil mengintegrasikan perangkat tersebut dalam pembelajaran di kelas. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh pendekatan pelatihan berbasis praktik langsung, pendampingan berkelanjutan, serta kolaborasi antar guru. Namun, beberapa guru masih menghadapi tantangan dalam menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan individual siswa. Program ini membuktikan bahwa pelatihan dan pendampingan berbasis praktik kolaboratif efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, serta mendorong terciptanya inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.
Referensi
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Ardiansyah, R., Suprapto, P. K., & Diella, D. (2023). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran proyek untuk menunjang Profil Pelajar Pancasila. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.12526
Dewi, A. A. (2022). Pengembangan instrumen e-quiz pada pembelajaran daring materi ekosistem kelas VII SMP. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 212. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3279
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Halpern, D. E. (1998). Teaching Critical Thinking for Transfer Across Domains Dispositions, Skills, Structure Training, and Metacognitive Monitoring. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0003-066X.53.4.449
Judijanto, L., Selviana, R., Rahmawati, E., Magdalena, L., Amilia, I. K., Fanani, M. Z., ... & Putra, B. P. P. (2025). Optimalisasi ChatGPT: Panduan dan Penerapan untuk Belajar, Mengajar, dan Membuat Konten Tanpa Batas. PT. Green Pustaka Indonesia.
Lim, T., Gottipati, S., & Cheong, M. L. F. (2023). Ethical Considerations for Artificial Intelligence in Educational Assessments (pp. 32–79). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0205-7.ch003
Moroianu, N., Iacob, S.-E., & Constantin, A. (2023). Artificial Intelligence in Education: a Systematic Review. In Geopolitical perspectives and technological challenges for sustainable growth in the 21st century (pp. 906–921). Sciendo. https://doi.org/10.2478/9788367405546-084
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Razilu, Z. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN Integrasi Artificial Intelligence dalam Teknologi Pendidikan. Penerbit Widina.
Saseanu, A. S., Gogonea, R.-M., & Ghita, S. I. (2024). The Social Impact of Using Artificial Intelligence in Education. Amfiteatru Economic, 26(65), 89. https://doi.org/10.24818/EA/2024/65/89
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629
Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280
Tasya, A. P., & Dwinta, A. L. (2025). Pengaruh Chatgpt Terhadap Pendidikan Di Indonesia: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Adaptasi. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 427-437
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21.
Yu, S., & Lu, Y. (2023). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. MASOKAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2770-5
Zanthy, L. S., Yuliani, A., & Minarti, E. D. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ryan Ardiansyah, Purwati Kuswarini Suprapto, Rita Fitriani, Dea Diella, Herni Yuniarti Suhendi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.