Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

  1. Jurnal ABSYARA menerima artikel hasil Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi yang belum pernah terpublikasi
  2. Naskah dikirim melalui laman OJS jurnal ABSYARA.
  3. Untuk SUBMIT naskah artikel tiap Author harus memilik akun di jurnal ABSYARA. Jika belum memiliki akun, autor harus registrasi terlebih dahulu melalui menu REGISTRASI atau DISINI setelah memiliki akun, author bisa LOGIN pada form login yang tersedia atau DISINI
  4. Naskah artikel ditulis menggunakan aplikasi Ms. Word, menggunakan kertas A4 dengan margin atas, bawah, kiri, kanan, 2.5. 
  5. ARTIKEL HARUS SESUAI DENGAN TEMPLATE YANG TELAH DISEDIAKAN, SILAHKAN DOWNLOAD TEMPLATE DISNI
  6. BESAR FILE YANG DISUBMIT TIDAK LEBIH DARI 2Mb
  7. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, dengan format font Times New Roman, 12pt, jarak antara baris 1.15 spasi, rata kiri kanan (Justify), tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan (1 TAB)
  8. Sistematika penulisan hasil penelitian: JUDUL, IDENTITAS PENULIS (Nama, Email, Instansi), ABSTRAK, PENDAHULUAN, METODE PELAKSANAAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, PERNYATAAN PENULIS, dan DAFTAR PUSTAKA
  9. JUDUL: tidak lebih dari 14 kata, mengunakan font Times New Roman, ukuran huruf 18pt, Bold, align atau posisi Center
  10. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt, dan ditulis tebal (bold). Sedangkan email yang dicantumkan hanya email penulis pertama atau penulis korespondensi.
  11. ABSTRAK: untuk artikel berbahasa Indonesia abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jika artikel menggunakan bahasa Inggris maka abstrak hanya bahasa Inggris saja. Terdiri dari 150-250 kata, font Times New Roman, 10pt, 1 spasi, align rata kiri kanan (Justify), hanya terdiri dari 1 paragraf. Disertakan dengan Kata Kunci yang terdiri dari 3-7 kata atau frase yang dipisah dengan menggunakan tanda koma (,) dan dituliskan berurutan sesuai alphabet.
  12. PENDAHULUAN: paling tidak memuat isu yang mendasari penelitian, respon terhadap isu, penelitian-penelitian sebelumnya, kebaruan penelitian, dan tujuan penelitian. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
  13. METODE PELAKSANAAN: paparkan waktu dan tempat dilaksanakannya PKM dan prosedur pelaksanaannya seperti semua bahan, metode, pendekatan dan prosedur pelaksanaan yang ditulis secara ringkas dan jelas
  14. HASIL DAN PEMBAHASAN: berisi paparan hasil PPM dan pembahasan hasil dari PPM yang dilaksanakan
  15. SIMPULAN: bagian ini ditulis secara deskriptip tanpa ada penomeran atau bullet. Simpulan menggambarkan jawaban dari pertanyaan penelitian dan ringkasan dari hasil temuan yang diharapkan di tujuan.
  16. PERNYATAAN PENULIS: pernyataan tentantang artikel yang dibuat belum pernah dipublish pada jurnal manapun
  17. DAFTAR PUSTAKA: semua rujukan yang diacu di dalam artikel yang berasal dari berbagai sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimul 80% dari keseluruhan daftar pustaka), yang diterbitkan 7 tahun terakhir. setiap artikel paling tidak berisi 10 daftar pustaka acuan. Cara merujuk pada artikel dan penulisan daftar pustaka mengikuti gara American Psycological Association (APA) 6th Edition
  18. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti APA style
  19. Sebaiknya menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  20. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  21. Penulis melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etik pada tahap ke-4 proses submit artikel.
  22. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis
  23. MOHON MELENGKAPI DATA SEMUA AUTHOR. ORCID ID SANGAT DIREKOMENDASIKAN UNTUK DISERTAKAN, AGAR MEMUDAHKAN KLAIM DATA TULISAN KETIKA DI CROSSREFF (PENGAJUAN DOI)
  24. LENGKAPI DATA AKUN DENGAN NO HP/WA YANG AKTIF AGAR MUDAH DIHUBUNGI
  25. PERIKSA SECARA BERKALA STATUS TULISAN ANDA DI JURNAL ABSYARA

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.