Penguatan Kompetensi Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Melalui Pelatihan Berbasis Praktik Kolaboratif

Penulis

  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Muhlis Fajar Wicaksana
  • Sukarno Sukarno Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Wahono Saptomo Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v6i1.30075

Kata Kunci:

Asesmen Pembelajaran, Kompetensi Guru, Pelatihan Kolaboratif, Sekolah Penggerak

Abstrak

Penguatan kompetensi asesmen pembelajaran menjadi aspek krusial dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya bagi guru sebagai pelaksana pembelajaran di satuan pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran melalui pelatihan berbasis praktik kolaboratif. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Maret 2025 di Surakarta dengan melibatkan 30 guru dari jenjang SMP Sekolah Penggerak. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi lokakarya, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan praktik langsung penyusunan instrumen asesmen secara berkelompok. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 83% peserta memahami tujuan kegiatan dengan baik, 70% merasa memahami konsep asesmen formatif, sumatif, dan diagnostik, serta 80% menyatakan praktik langsung sangat membantu dalam penyusunan instrumen asesmen berdiferensiasi. Selain itu, 80% peserta merasa kompetensi mereka meningkat secara signifikan, terutama dalam mengelola keberagaman siswa melalui asesmen yang tepat. Pelatihan berbasis praktik kolaboratif terbukti efektif mendorong partisipasi aktif, pemecahan masalah bersama, serta membangun komunitas belajar antar guru. Rekomendasi dari kegiatan ini adalah pentingnya keberlanjutan program pelatihan dengan pendampingan berkala guna memperkuat implementasi asesmen yang berkualitas di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025