Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Kursus, Pola Play and Fun

Abstrak

Selain belajar disekolah formal, anak-anak juga bisa belajar di sekolah non formal seperti mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu pembelajaran. Namun untuk dapat mengikuti pelatihan pastinya mengeluarkan biaya yang besar. Adapun gejala-gejala yang ditemukan adalah sebagian siswa berasal dari keluarga kurang mampu, sulit membagi waktu belajar dengan kesibukannya di panti asuhan, kurang berminat belajar bahasa Inggris dan tidak memiliki buku pedoman bahasa Inggris selain buku paket dari sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan Bahasa Inggris Siswa melaui Pelatihan di Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah melalui pelatihan yang menyenangkan berupa permainan, menyanyi, dan percakapan singkat. Hasil dari Pengabdian ini yaitu kemampuan Bahasa inggris siswa mengalami peningkatan dengan adanya pelatihan ini yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata Bahasa Inggris siswa dari 78 pada tes awal menjadi 87 pada tes akhir, ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pelatihan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan Bahasa Inggris Siswa di Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis.

Biografi Penulis

Rini Fitria, STAIN Bengkalis

English Lecturer

Referensi

Astaman, A., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar bahasa inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Laili, R. N., & Nashir, M. (2018). Penerapan bahasa inggris terintegrasi dengan pembelajaran di TPQ Al-Mataab Desa Tembokrejo Muncar Banyuwangi. Sarwahita, 15(02), 82-88.

Ramdhani, R., Kholisho, Y. N., & Arianti, B. D. D. (2018). Studi komparasi antara model pembelajaran PJBL dan CTL terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 8-13.

Risnawati, R., Ujihanti, M., Gustiani, S., Simanjuntak, T., & Ardiansyah, W. (2019). Pembuatan bahan ajar english for young learners untuk Yayasan Al-Kahfi Cabang Palembang. SNAPTEKMAS, 1(1).

Sulistianingsih, E., Jamaludin, S., Sumartono, S., & Prihadi, D. (2018). PkM peningkatan kecerdasan emosi dan kemampuan berbahasa inggris melalui kegiatan mendongeng pada siswa Sekolah Dasar di Kota Tegal. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).

Surayya, S. A., Asrobi, M., & Prasetyaningrum, A. (2020). Pendampingan public speaking pada tutor lembaga kursus bahasa Inggris. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 36–45. doi:10.29408/ab.v1i2.2724

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 14(1).

Utami, A. (2020). Pemanfaatan lahan kosong sekolah sebagai taman toga. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 35-39.

Wardhani, D. T. M. (2019). Pkm pelatihan menjawab soal ujian nasional bahasa inggris melalui metode predicting dan scanning pada siswa Mts Nurul Hikam Kapongan Kabupaten Situbondo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 3(2), 82-93.

Warman, J. S., & Mardiyah, F. (2019). The implementation and effectiveness of integrated approaches in improving English basic skills for beginners. JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature), 6 (1), 1-10.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). program pelatihan penigkatan kemampuan bahasa inggris anak-anak panti asuhan melalui pemberdayaan mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-285.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2021