Kemitraan guru dan dosen dalam menjaga kualitas pembelajaran daring saat Pandemi Covid-19 menghasilkan artikel publikasi bersama

Penulis

  • Nyoto Suseno Universitas Muhammadiyah Metro
  • Purwaningsih Purwaningsih SMA Negeri 1 Metro
  • Arif Rahman Aththibby Universitas Muhammadiyah Metro
  • Purwiro Harjati Universitas Muhammadiyah Metro
  • Lakon Wahono SMA Negeri 1 Metro

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5732

Kata Kunci:

Covid-19 pandemic, joint articles, lesson study, online learning

Abstrak

Pembelajaran daring menjadi pilihan dalam situasi pandemi Covid-19. Tujuan program kemitraan dosen dan guru adalah untuk mempertahankan kualitas pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan secara daring. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru dan dosen serta menghasilkan artikel ilmiah yang disusun bersama antara guru dan dosen untuk dipublikasikan. Kegiatan kemitraan ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: Tahap 1, FGD untuk menetapkan action plan dan research lesson, Tahap 2, Pelaksanaan Lesson Study (Plan-Do-See), dan Tahap 3, research collaboration untuk menghasilkan joint artikel ilmiah. Kegiatan ini menyepakati research lesson yang dikaji adalah penerapan Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) untuk mengembangkan kemampuan 4Cs. Kegiatan lesson study menghasilkan dokumen rencana program pembelajaran dan video pembelajaran. Hasil program pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan dosen FKIP UM Metro dengan guru SMA Negeri 1 Metro dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemitraan dosen dan guru dalam kegiatan Lesson Study dapat menjaga kualitas pembelajaran mode daring pada situasi pandemi Covid-19 melalui penerapan PBL dan PjBL; (2) Kemitraan dosen dan guru melalui konsep dan prinsip lesson study dapat meningkatkan kompetensi pedagogi dosen dan guru; (3) Kerjasama kolaborasi dosen dan guru dalam penelitian tindakan dapat meningkatkan publikasi ilmiah dan menghasilkan 3 publikasi artikel pada beberapa jurnal Sinta 3 & 4. Temuan lain yang dapat dikemukakan, yaitu: google classroom dan google meet dapat digunakan untuk mengatasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid – 19, serta penerapan PBL dan PjBL dalam pembelajaran mode daring efektif untuk mengembangkan 4Cs dan hasil belajar. 

Biografi Penulis

Nyoto Suseno, Universitas Muhammadiyah Metro

Physics Education

Associate professor

Referensi

Ameli, Aisyah, Uswatun Hasanah, Hidayatur Rahman, & Abdy Mahesha Putra. 2020. "Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19“. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(2):28–37.

Asmawati, Eka Yuli Sari, Endang Setyawati, Dina Octora Sastaviana, & Nyoto Suseno. 2022. "Penerapan Problem Based Learning dengan Aplikasi Google Meet dan Google Classroom untuk Meningkatkan 4Cs pada Pembelajaran Fisika SMA“. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8(1).

Diarini, I. Gusti Ayu Agung Sinta, Maria Fransisca Br Ginting, & I. Wayan Suryanto. 2020. "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar“. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2):253–65.

Eunike, Agustina, Nasir Widha Setyanto, Rahmi Yuniarti, Ihwan Hamdala, Rio Prasetyo Lukodono, & Angga Akbar Fanani. 2018. "Perencanaan produksi dan pengendalian persediaan".

Firmadani, Fifit. 2020. "Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0“. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.

Gunawan, Fransiskus Ivan, & Stefani Geima Sunarman. 2018. "Pengembangan kelas virtual dengan google classroom dalam keterampilan pemecahan masalah (problem solving) topik vektor pada siswa SMK untuk mendukung pembelajaran“. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Hakim, A. B. 2016. "Efektifitas penggunaan e-learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo". I-Statement, 2 (1), 1–6.

Haryani, Eka Septi. 2020. "Efforts to Improve Learning Activeness of Grade 5 Students Through the Google Meet Application“. С-ци 526–30 Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. Том 3.

Hendayana, Sumar. 2015. "Teacher learning through lesson study in Indonesia“. Realising learning: Teachers’ professional development through lesson and learning study 62–77.

Jayul, Achmad, & Edi Irwanto. 2020. "Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19“. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2):190–99.

Jumarniati, Jumarniati, Desak Made Ristia Kartika, & M. Rusli Baharuddin. 2018. "Penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah program linear melalui lesson study". MaPan 6(2):187–98.

Prihantoro, Rudi. 2011. "Pengembangan profesionalisme guru melalui model Lesson Study“. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(1):100–108.

Riyanti, Lilih. 2020. "Penerapan Lesson Study untuk Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Integratif di SD Negeri 4 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020“. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia 1(2):176–84.

Sari, Fitri Ana, Nyoto Suseno, & Riswanto Riswanto. 2019. "Pengembangan modul fisika online berbasis web pada materi usaha dan energi“. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah) 3(2):129–35.

Sastaviana, Dina Octora, Sutejo Sutejo, Nyoto Suseno, Friska Octavia Rosa, & Eko Prihandono. 2022. "Problem Based Learning (PBL) Mode Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Elastisitas di SMA Nsgeri 1 Metro". Jurnal Pendidikan Fisika 10(1):87–102.

Sedana, I. Made. 2019. "Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0“. Jurnal Penjaminan Mutu 5(2):179–89.

Sudrajat, Ahmad Kamal. 2017. "Meninjau Lesson Study Sebagai Sarana Pengaplikasian Kurikulum 2013“. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017. Том 2.

Sudrajat, Ajat. 2021. "Instructional Leadership and Capacity Building for Teaching Quality“. С-ци 428–35. 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020). Atlantis Press.

Suseno, Nyoto. 2014. "Pemetaan Analogi Pada Konsep Abstrak Fisika“. Jurnal Pendidikan Fisika 2(2).

Suseno, Nyoto, & Riswanto. 2020. "Hasil belajar model pembelajaran daring yang disertai praktikum mandiri dengan memanfaatkan sarana di lingkungan sekitar". SNPPM-2 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun 2020. Halaman: 89 - 98.

Suseno, Nyoto, Riswanto, & Partono. 2019. "Sistem pengelolaan laboratorium sekolah era revolusi industri 4.0". 1st изд. Metro.

Suseno, Nyoto, Riswanto Riswanto, Arif Rahman Aththibby, Dedy Hidayatullah Alarifin, & M. Barkah Salim. 2021. "Model Pembelajaran Perpaduan Sistem Daring dan Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor“. Jurnal Pendidikan Fisika 9(1):42–56.

Suseso, Nyoto. 2019. "Developing Collaborative Habits of Prospective Teachers“. The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS).

Sutejo, Eka Yuli Sari Asmawati, Lakon Wahono, & Nyoto Suseno. 2021. "Project Based Learning (Pjbl) dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Hukum Bernoulli Menggunakan Botol Bekas“. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 7(2):218–23.

Sutrisna, Deden. 2018. "Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom“. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 13(2).

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. "Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing“. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5(1):31–34.

Wijayanto, Adi, Ahmad, Diana Lutfiana Ulfa, Muhamad Syamsul Taufik, & H. Akhyak. 2021. "Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan“. OSF Preprints. January 24.

Winarsih, A., & S. Mulyani. 2012. "Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI“. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2022