Pemanfaatan Whatsapp Business dan Instagram Business sebagai media promosi UKM di kelurahan Sialang Sakti

Penulis

  • Nur Fitriana Muhammadiyah Riau University
  • Dewi Clarita Muhammadiyah Riau University
  • All Ouxtrisa Chandra Mei S Muhammadiyah Riau University

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.6770

Kata Kunci:

Instagram Business, Kinerja Penjualan, Promosi, UKM (Usaha Kecil Menengah), Whatsapp Business

Abstrak

WhatsApp Business merupakan aplikasi WhatsApp yang dikhususkan bagi orang yang memiliki bisnis dan dapat diunduh secara gratis, begitu juga dengan Instagram Business. Seperti namanya, Instagram Business ditujukan untuk orang-orang yang mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan telepon genggam melalui media sosial, baik untuk mempromosikan produk ataupun untuk berkomunikasi dengan calon konsumennya. Berdasarkan keterangan dari Kepala RW 03 Kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya, kebanyakan para pemilik UKM yang ada di RW 03 tersebut belum memahami perlunya Whatsapp Business dan Instagram Business di dalam mengembangkan usaha. Maka dari itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan akun Whatsapp Business dan Instagram Business kepada para pemilik UKM. Kegiatan ini diikuti oleh 10 hingga 15 orang pemilik UKM. Metode dalam kegiatan ini adalah dengan menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi terhadap hasil kegiatan, dan kegiatannya dilakukan dengan lima tahap, yaitu tahap persiapan materi Whatsapp Business, tahap pelaksanaan sosialisasi Whatsapp Business, tahap persiapan Instagram Business, tahap pelaksanaan sosialisasi Instagram Business, dan tahap pelatihan  Whatsapp Business dan Instagram Business. Hasil pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan dalam promosi pada Whatsapp Business dan Instagram Business. Hasil kegiatan ini menunjukkan, para pemilik UKM mampu menggunakan dan memanfaatkan Whatsapp Business dan Instagram Business sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan

Referensi

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/JIK.2020.10.1.17-31

Annisa, R., Agustia Rahayuningsih, P., & Maulana, R. (2020). Pemanfaatan Digital Kufi Dalam Meningkatkan Technopreneurship Pada Organisasi Prisma. WIDYA LAKSANA, 9(2), 213–216. https://doi.org/10.23887/JWL.V9I2.22403

Haryanto, H., Delfina, Jessica, Chang, J., & Quinn, F. (2022). Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.52436/1.JPMI.494

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/AB.V2I2.4206

Marfuah, H. (2019). Menumbuhkan jiwa technopreneurship mahasiswa melalui kegiatan Techno Party Goes To Campus. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika. http://senadi.upy.ac.id/prosiding/index.php/senadi/article/view/55

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 20(1), 261–289.

Purwidiantoro, M. H., SW, K. D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). EKA CIDA, 1(1), 30. https://mail.journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19

Putri, A. Z., Pramudiati, N., Nusron, L. A., & Prasetyo, D. (2021). Modernisasi strategi UMKM demi resistensi usaha di masa pandemi Covid-19. Al-Khidmat, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.15575/JAK.V4I1.12009

Putri, E. W., Isnaini, R. A., & Tristiana, S. P. (2022). Peran Sistem Digital Payment Sebagai Strategi Peningkatan Pendapatan pada Usaha. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics (NSAFE), 2(2), 17. http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2429

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., Wijaya, L. K., Wasil, M., & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/AB.V2I1.2574

Susilowati, E. M. (2021). Pelatihan pembuatan masker kain dalam upaya mencegah penularan Covid 19 di Surakarta. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 102–108. https://doi.org/10.29408/AB.V2I1.3583

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun minat berwirausaha mahasiswa dengan pengaruh faktor e-commerce, pengetahuan kewirausahaan dan gender. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/download/678/401

Wijoyo, H. (2020). Digitalisasi UMKM pasca pandemi Covid-19 di Riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara.

Wulandari, M. S., & Noveandini, R. (2015). Digitalisasi Pemetaan UKM Tenun Garut Berbasis Sistem Informasi Geografis sebagai Media Komunikasi dan Pemasaran Produk Lokal. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu.

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023