Daya Saing Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi pada Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Periode 2013-2017
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v2i2.1102Keywords:
Daya Saing Mahasiswa, Karya Tulis Ilmiah (KTI), KompetisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui daya saing mahasiswa pada kompetisi karya tulis ilmiah periode 2013-2017, 2) mengetahui faktor pendukung daya saing mahasiswa pada kompetisi karya tulis ilmiah periode 2013-2017. Untuk mencapai tujuan tersebut, data penelitian dikumpulkan dengan wawancara dan studi dokuman. Data dianalisis secara kualitatif model Milles & Huberman. Hasilnya menunjukkan: 1) daya saing mahasiswa pendidikan geografi universitas hamzanwadi pada kompetisi karya tulis ilmiah masih perlu ditingkatkan. Hal ini mengingat partisipasi mahasiswa pada kompetisi karya tulis ilmiah periode 2013-2017 belum konsisten dilakukan, hanya dilakukan pada tahun 2013, 2015, dan 2017. Prestasi terbaik yang pernah diraih mahasiswa yaitu peringkat 6 pada ajang kompetisi karya tulis ilmiah GEOS UGM 2013 di Yogyakarta. Sementara itu faktor pendukung peningkatan daya saing mahasiswa yang berupa peran program studi dan organisasi kemahasiswaan juga masih belum maksimal. Hal ini terbukti dengan lemahnya peran program studi terutama dari segi kegiatan pembelajaran dan pembimbingan tugas akhir yang belum berorientasi pada peningkatan daya saing mahasiswa dalam kompetisi karya tulis ilmiah. Begitu pula dengan peran organisasi kemahasiswaan SIMIK yang hanya fokus pada kegiatan seremonial seperti diskusi, seminar dan pelatihan, namun minim kegiatan praktik yang produktif seperti penelitian dan penyusunan karya tulis ilmiah secara intensif.
References
Grum, D. K., & Grum, B. (2015). Competitiveness and motivation for education among university students. IJONTE.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-kota Menggunakan Model ADDIE. Educatio, 11(1), 90-105.
Hadi, H., & Subhani, A. (2017, October). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggap Bencana Pada Siswa Sekolah Melalui Program Geography Partner Schools. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 176-188).
Katalog Kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi beracuan KKNI tahun 2016.
Marthaningtyas, MA.P.D. (2016). Analisis Kepemimpinan Diri dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Semester VII Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang Angkatan 2013. ISSN 2406-8691. Vol. 3, No. 2, Oktober 2016, hal. 65-75.
Pangestu, Prisilia Santoro. (2017). Meningkatkan Kemampuan dan Kemauan Menulis di Kalangan Mahasiswa. (http://bl103.ilearning.me/2017/05/19/karya-ilmiah-meningkatkan-kemampuan-dan-kemauan-menulis-di-kalangan-pelajar-dan-mahasiswa/). Diakses tanggal 24 Maret 2018.
Prasetyo, Hendrawan. (2014). Dampak Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi Terhadap Daya Saing (Competitiveness) Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Kebumen. Jurnal Fokus Bisnis. Vol. 13, No. 01, Juli 2014, hal.31-46.
Rahmiati. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al-Daulah. Vol 3, No. 2, Desember 2014, hal. 254-269.
Risky, H., & Reymeira, T. (2013). Paper Widya Mwatyasa tentang Peningkatan Daya Saing Mahasiswa. Paper. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta.
Subhani, A., Utaya, S., & Astina, I.K. (2017). Engage Spatial Thinking in Geography Teaching Material. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(5), 33-42.
Sudjana, N. (2009). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanti, Ratna. (2015). Kesalahan Penggunaan EYD dalam Karya Ilmiah Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal IKON Prodi D3 Komunikasi Massa - Politeknik Indonusa Surakarta. Vol. 1, No. 2, Desember 2015, hal. 34-50.
Sutopo, H.,B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif; Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, edisi ke 2. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.