Pengaruh Model Self-Organized Learning Environment Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi di SMA

Authors

  • Dian Ratna Handayani Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.12231

Keywords:

self-organized learning environment, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini didasari permasalahan mengenai perkembangan teknologi yang masih belum disertai dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga kurangnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar geografi di SMA. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana model pembelajaran Self-Organized Learning Environment terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi di SMA. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Glenmore. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Kelas XI IPS 1 sebagai kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai sampel eksperimen. Nilai geografi keterampilan berpikir kritis peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran Self-Organized Learning Environment. Menurut temuan penelitian berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan independent sample t-test diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis memiliki nilai 0,002 dan hasil belajar memiliki nilai 0,000, dalam pengambilan keputusan, h0 ditolak dan ha diterima Peserta didik dapat dengan mudah memahami isi materi karena model pembelajaran ini memungkinkan mereka untuk memilih metode belajar mereka sendiri. Terbukti bahwa nilai rata-rata naik, khususnya pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Self Organized Learning Environment  berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi SMA dan kemampuan berpikir kritis.

Author Biographies

Dian Ratna Handayani, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Jurusan Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uniersitas Jember.

Bejo Apriyanto, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Sri Astutik, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

References

Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Ajuwan, A., Utaya, S., & Astina, I. K. 2018. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1331-1338.

Akram, M., & Ghani, M. (2019). Effect of Self-Organized Learning Environment on The Comprehension of ESL Learners At Primary Level In Pakistan. International Journal of English Linguistics, 9(1), 135-143.

Amit, A., Mashudi, M., & Matsum, J. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Sole pada Pelajaran Ekonomi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(10), 2206-2214.

Astutik, S., (2019). REQOL Model Pembelajaran Inovatif di Luar Kelas. Jember.

UPT Percetakan & Penerbitan Universitas Jember.

Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thinking Dispotions and Abilities. Chicago: University of Illinois

Epriaty, R. V. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis SOLE (Self Organized Learning Environments) di Masa Pandemi Covid 19 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IV SD Negeri 068073 Tahun Pelajaran 2021-2022. PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan dan Teologi, 5(1), 105-115.

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. 2021. Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1-8.

Fitri, A.Z., & Nik Haryanti. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Mixed Method, dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Fitri, R. P., Prastiwi, C. H. W., Kholidah, N. R. J., & Ismaya, H. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) Pada Materi Produksi dan Pertumbuhan Ekonomi. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 128-133.

Hadi, H. (2020). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. Genta Mulia (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 11(2), 220-232.

Hakim, T. D., Amelia, V., & Monika, W. (2021). PKM Penyuluhan Internet Sehat di SMK Telkom Pekanbaru. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 51-59.

Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Lageografia, 18(1), 36–42.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01). 1-8.

Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 70-78.

Mitra, S. (2015). Self-Organised Learning Environment (SOLE) Toolkit. Diakes pada 17 Februari 2022, dari Https://S3-Eu-West-1.Amazonaws.Com/Scholl-In-The-Cloud-Prodaction-Assets/Toolkit/SOLE_Toolkit-Web-2.6.Pdf.

Pustekkom Kemendikbud. (2018). Modul Pembelajaran Abad 21. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rahayu, A.P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Paradigma. 12(1). 88-106.

Safitri, L., & Murdiyani, N. M. (2022). Efektivitas penerapan model pembelajaran SOLE terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 101-113.

Santoso, A., Mujib, M. A., & Astutik, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152-162.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 99-103.

Septiani, U., Nasbey, H., & Budi, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environments (SOLE) Berbantuan Phet Simulation Pada Materi Teori Kinetik Gas. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 10(1), 21-26.

Setyorini, H., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Terhadap Prestasi Belajar Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 45-52.

Seviana, R., Rosyida, F., & Atmoko, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198-208.

Sholichah, A. F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) dalam Penyelesaian Tugas di SMP Negeri 9 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38.

Suciati, S. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah, 6(3), 321-328.

Sukmayasa, I. M. H., Widiastuti, N. P. K., & WATI, N. N. K. 2021. Penerapan Model Pembelajaran SOLE Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 4 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2021/2022. Setya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 5(2), 1-8.

Sularmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. N. 2018. Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 475-479.

Usman. (2018). Komunikasi pendididkan berbasis blended learning dalam membentuk kemandirian belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 135-149.

Utami, F. N. 2020. Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.

Wahyuningsih, W. S. 2019. Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 149-155.

Wibowo, A. B., Patta, R., & Kadarisman, K. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Brobot Kab. Purbalingga Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 193-199.

Wirabumi, R. 2020. Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference On Islamic Education And Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, Pp. 105-113).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles