Genius Solar System: Media Pembelajaran Geografi Berbasis Interactive Multimedia untuk Siswa SMA

Authors

  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang
  • Rizki Dwi Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Alfi Sahrina Universitas Negeri Malang
  • Diky Al Khalidy Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v7i2.14519

Keywords:

Genius Solar System, Interactive Multimedia, Pembelajaran Geografi

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, sebanyak 92,6 siswa kesulitan pada materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan. Karakteristik materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan bersifat abstrak sehingga membutuhkan visualisasi agar dapat lebih jelas bagi siswa. Namun, media yang digunakan oleh guru tidak membantu siswa memvisualisasi dan belum pernah menggunakan interactive multimedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Genius Solar System berbasis interactive multimedia serta menguji kelayakan media yang dikembangkan. Metode pengembangan media menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implement, dan evaluation. Jenis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Dalam proses akumulasi data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi kegiatan dengan teknik analisis data berbentuk presentase. Produk media pembelajaran Genius Solar System akan melalui tahap uji coba kelayakan kepada 30 siswa kelas X IPS 5 di SMA Negeri 1 Lawang. Uji kelayakan oleh validator ahli media (91%) dan ahli materi (98%) terkategori sangat layak atau sangat valid. Sedangkan hasil uji coba kelayakan oleh siswa sebesar 88% dan guru sebesar 94%. Berdasarkan perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk media Genius Solar System yang telah dikembangkan dapat dikategorikan atau dikatakan sangat layak atau sangat valid untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia iinteraktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asnur, L., & Ambiyar, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video pada Mata Kuliah Tata Boga Ii. Mimbar Ilmu, 23(3), 193–199. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435.

Astuti, I. A., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 158-166.

Attamimi, M. R., Wirahayu, Y. A., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan dan keterkaitanya dengan ayat suci Al-Qur’an untuk memperkuat aspek spiritualitas siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(8), 967–979. https://doi.org/10.17977/um063v1i8p967-979.

Dia, F., Putra, A. K., & Suharto, Y. (2021). Improving Critical Thinking Ability : Earthcomm Learning For Watershed Conservation Materials. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 99–106.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Fahmi, M. R., Putra, A. K., & Handoyo, B. (2022). Development of Web-Based Virtual Reality as Media Learning for Baluran Conservation Area with Geographical Characteristics. In 2nd International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2022) (pp. 332-346). Atlantis Press.

Handhita, E. T., Akhlis, I., & Marwoto, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Astronomi Berbasis Visual Novel Ren’ Py. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 35-41.

Harjanti, D. T., Ulfah, M., & Rezeki, S. (2022). Efektivitas Media Kuis Adobe Flash CS6 Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 244-253.

Heristama, A. R., & Sholeh, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tiktok@ Infobmkg dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS SMAN 2 Bae Kudus. Edu Geography, 10(2), 59-66.

Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.12873

Irawan, L. Y., Nadhifah, M. R., Sumarmi, Putra, A. K., & Tanjung, A. (2020). The Analysis of Learning Material on Flood Disaster Based on Regional Physical Condition in Sampang, East Java. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012050

Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1197-1211.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Nofrion, N. (2018). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. 1–19. https://doi.org/10.31227/osf.io/kwzjv

Nurhamidah, S. D., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android pada Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318-1329.

Oktavian, R. A., Utomo, D. H., Putra, A. K., & Wirahayu, Y. A. (2023). Spatial Intelligence and Geographic Skills: React Model on Regional Development and Growth Materials. International Journal of Education, 08(01), 29–44. https://doi.org/10.18860/abj.v8i1.18383

Padmini, K. H., & Atika, B. P. (2016). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus di Salah Satu SMA di Salatiga. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Putra, A. K., Pramesti, W., & Handoyo, B. (2023). Video Blogging Technology : Pengembangan Media Pembelajaran Urban Farming dengan Contextual Approach Video Blogging Technology : Development of Urban Farming Learning Media with Contextual Approach. 82–99. https://doi.org/10.18860/jpips.v9i2.18419

Putra, A. K., Purwanto, P., Islam, M. N., Hidayat, W. N., & Fahmi, M. R. (2022a). Development of Mobile Virtual Field Trips in Ijen Crater Geosites Based on 3600 Auto Stereoscopic and Geospatial Technology As Geography Learning Media. GeoJournal of Tourism and Geosites, 41(2), 456–463. https://doi.org/10.30892/gtg.41216-850.

Putra, A. K., Sumarmi, A. S., Fajrilia, A., Islam, M. N., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on The Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 119–134. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21223.

Putra, A., Naufal Islam, M., Hilmi, R., Khairunisa, T., & Arifa’illah Syaiful Huda, I. (2022b). Geography Virtual Reality for Learning About Ecotourism and Rural Sustainability. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12176.

Putra, W. P., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan multimedia sistem tata surya pada muatan ipa. Mimbar Ilmu, 26(1), 108-117.

Putri, A. G., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106–116. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Ridwan, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Menggunakan Animasi dalam Pembelajaran Sistem Tata Surya pada SMP Negeri 4 Barebbo. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 12(2), 163-173.

Salsabila, T. I., Putra, A. K., & Matos, T. (2022). Mobile Virtual Field Trip and Geography Education: Potential Exploration of Complex Problem Solving and Spatial Intelligence Capabilities. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(24), 21–31. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i24.36157

Sanjaya, W. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Shaherani, N., Putra, A. K., Soelistijo, D., & Yembuu, B. (2022). The Development of Mobile Geography Virtual Laboratory for Rock and Soil Practicum Studies. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(22), 142–156. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i22.36163

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., ... & Kom, M. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Agrapana Media.

Sholeh, M. W. A., Erman, & Sabtiawan, W. B. (2020). Validitas Media Pembelajaran Animasi Tata Surya dalam Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 8(2), 183–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38359

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.

Untari, R. S., Kamdi, W., Dardiri, A., Hadi, S., & Nurhadi, D. (2020). The development and application of interactive multimedia in project-based learning to enhance students’ achievement for 2D animation making. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16), 17–30. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i16.16521

Downloads

Published

2023-12-30