Profil Siswa MA Darul Hamidy NW Iwan dilihat Berdasarkan Aspek Latar Belakang Geografis

Authors

  • Baiq Nirmalasari Nirmalasari Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Suroso Suroso Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v3i1.1478

Keywords:

Aspek Latar Belakang Geografis, Profil Siswa

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian  ini yakni untuk  mengetahui profil siswa MA Darul Hamidiy NW Iwandilihat berdasarkan aspek latar belakang geografis Tahun Pembelajaran 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif dengan lokasi penelitian di MA Darul Hamidiy NW Iwan Lombok Tengah. Populasi penelitian ini berjumlah 141 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa dengan tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan Proportional Random Sampling yakni diambil 25% untuk masing-masing kelas. Metode pengambilan data digunakan metode observasi, koesioner, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah kondisi latar belakang geografis siswa mencapai persentase sebesar 63,5% yang tergolong dalam kategori baik berada pada interval 66,6 s/d 100. Saran yang dapat diberikan yakni bagi sekolah dan orasng tua siswa perlu membangkitkan minat belajar siswa agar hasil belajar semakin meningkat.

References

Adawiyah, R. (2016). Kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat di Tanjung Aan Desa Kuta Lombok Tengah.Tugas akhir tidak dipublikasikan. Selong: Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi.

Arikunto, S. (2002). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmiati.(2016). Pengaruh jarak tempat tinggal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS Madrasah Aliyah NW Pancor Tahun Pelajaran 2014/2015. Tugas akhir tidak dipublikasikan. Selong: Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Hamzanwadi.

Bahri, S. (2010). Guru dan anak didik dalam interksi edukatif. Jakarta: PT.Bineka Cipta.

Daljoeni, N. (1997). Dasar-dasar ilmu pengetahuan sosial. Bandung: Alumni Bandung.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Hadi, Y. (2014). Profil pedagang kaki lima di taman Kota Selong dilihat dari jenis usaha, waktu, dan modal usaha. Tugas akhir tidak dipublikasikan. Selong: Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi.

Helna. (2016). Latar belakangan sosial ekonomi wisatawan objek wisata pantai pink Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Tugas akhir tidak dipublikasikan. Selong: Program Studi Pendidikan Geografi. Universitas Hamzanwadi.

Kunaryo. (2000). Pengantar pendidikan. Semarang: IKIP Semarang PRESS.

Kurniatun. (2015). Profil masyarakat BTN Lendang Beduri dilihat dari aspek sosial dan ekonomi Kelurahan Sekarteja Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur.Tugas akhir tidak dipublikasikan. Selong: Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi.

Moleong, L. (2004). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Poerdarminta, WJS. (1990). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatife, kualitatife, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaatmadja, N. (1981). Studi geografi. Bandung: kotak Pos 272.

Syah, M. (2010). Pola asuh orang tua dalam membantu anak dalam mengembangkan disipin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles