Analisis Tingkat Kesesuaian Lahan Permukiman Berdasarkan Jaringan Jalan di Kota Jambi

Authors

  • Hermawan Setiawan Universitas Indonesia
  • Adi Wibowo Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v7i2.15901

Keywords:

kesesuaian lahan, permukiman, jaringan jalan

Abstract

sarana jalan merupakan akses utama suatu wilayah yang dapat menjadi pemicu kesetaraan ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan. Jalan akan senantiasa berhubungan dengan permukiman yang dapat melahirkan dampak timbal balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian lahan berdasarkan jaringan jalan di Kota Jambi, provinsi Jambi.  Metode analisis yang digunakan yaitu buffer jaringan jalan menjadi tiga kriteria yaitu sangat baik, baik dan kurang baik untuk permukiman, dengan menggunakan perangkat lunak ArcGis 10.8. Data yang digunakan yaitu peta jaringan jalan dan batas wilayah yang diperoleh dari peta Rupa Bumi Indonesia serta Citra Satelit yang diperoleh dari Google Earth Pro. Penelitian ini menghasilkan bahwa kriteria yang memiliki wilayah yang sangat baik untuk pemukiman 0 – 100 m berjumlah 51,06% atau 8.673,3 Hektar yang berada di Kecamatan Danau Teluk dan Pelayangan. Sementara kriteria 101-750 m yang bernilai kriteria baik sekitar 46,55% atau 7.906,7 Hektar berada di Kecamatan Kota Baru, Paal Merah, Alam Barajo, Jelutung, Pasar Jambi, dan Jambi Selatan.  Wilayah yang memiliki kriteria kurang baik di atas 750 m berjumlah 2,39% atau 405 Hektar berada di Kecamatan Danau Sipin, Danau Teluk, Jambi Timur, dan Telagapura. Wilayah yang memiliki kriteria kurang baik berjumlah 2,39%. Maka kota Jambi mempunyai wilayah yang besar untuk permukiman dan tentu di masa yang akan datang dapat mendorong perkembangan Kota Jambi dalam skala besar.

References

Aderibigbe, O. O. (2023). Rural-Urban Connectivity: A Way of Achieving Sustainable Rural Transport Development. In Handbook of Research on Managing the Urban-Rural Divide Through an Inclusive Framework (pp. 285-301). IGI Global.

Aditya, M. F. (2022). Geologi dan Proses Pembentukan Danau Tapal Kuda di Danau Sipin Kota Jambi Provinsi Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

Ali, M. J., & Varshney, D. (2012). Spatial modelling of urban growth and urban influence: Approach of regional development in developing economy (India). Journal of Urban and Regional Analysis, 4(2), 129.

Ali, M. J., Rahaman, M., & Hossain, S. I. (2022). Urban green spaces for elderly human health: A planning model for healthy city living. Land Use Policy, 114, 105970.

Anas, R., Sembiring, I. S., & Hastuty, I. P. (2022). An Evaluating of the Broader Economic Benefit of the Medan-Binjai Toll road on National Highway Performance. Engineering and Technology Quarterly Reviews, 5(2).

Avery, L. J., Regmi, M. B., Joshi, G. R., & Choudhury Rudra Charan Mohanty, C. R. (2017). Rural-Urban connectivity in achieving sustainable regional development. In Intergovernmental Tenth Regional Environmentally Sustainable Transport (EST) Forum (pp. 14-16).

BI. (2022). Laporan Perekonomian Provinsi Jambi Agustus 2022. Laporan Bank Indonesia. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Jambi-Agustus-2022.aspx

BPS Kota Jambi. (2022). Dalam Angka Kota Jambi Jambi Municipality In Figures 2022. BPS Kota Jambi 2022. https://jambikota.bps.go.id/publication/2022/02/25/0cdfa0a979556941c879c464/kota-jambi-dalam-angka-2022.html

Ferdi, F., Saputra, I., Rahmawati, R., & Budianta, A. (2022). Analysis Of Suitability Land for Flood-Free Settlement In Baolan District Tolitoli Regency. GeoEco, 9, 12. https://doi.org/10.20961/ge.v9i1.55499

Kang, L., Jia, Y., & Zhang, S. (2022). Spatiotemporal distribution and driving forces of ecological service value in the Chinese section of the “Silk Road Economic Belt.” Ecological Indicators, 141, 109074. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2022.109074

Kartiasih, F. (2019). Dampak Infrastruktur Transportasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 67–77. https://doi.org/10.31849/jieb.v16i1.2306

Kugu, A. S. (2018). Urban Sprawl Pattern and Its Implications for Urban Management (Case Study: Zaria Urban Area, Nigeria). International Journal of Architecture and Urban Development, 8(4), 5-12.

Kumar, K., & Sen, A. (2021). Socio-Economic Development in Highway Corridor Zones of Bihar: Case Study of Kuchai Kot-Muzaffarpur Section. Resource Management, Sustainable Development and Governance: Indian and International Perspectives, 563-579.

Lee, J., & Yoon, Y. (2021). Indicators development to support intelligent road infrastructure in urban cities. Transport Policy, 114, 252–265.

Lin, Q., Zhang, Y., Yang, C., Wang, X., Lei, T., Ju, C., ... & Yao, K. (2023). Evaluation of Differential Settlement of Subgrade for Highway-Widening Projects. Sustainability, 15(4), 2950.

Lin, S. W., Su, H. J., & Li, H. R. (2023). The Relationship of Land Assembly and Prices of Cost Equivalent Land in the Equalization of Land Rights Act the Case Study of Taiwan. International Review for Spatial Planning and Sustainable Development, 11(2), 222–239. https://doi.org/10.14246/irspsd.11.2_222

Madake, J., Gupta, D., Bhatlawande, S., & Shilaskar, S. (2023). Vision-Based System for Road Lane Detection and Lane Type Classification. In Proceedings of International Conference on Recent Trends in Computing: ICRTC 2022 (pp. 441-452). Singapore: Springer Nature Singapore.

Mardalena, A., Astuty, Y. I., & Wibowo, A. (2023). Analisis Spasial Temporal Lahan Terbangun Terhadap Rawan Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 7(1), 86-95.

Mastuti, R., Chalik, A., Kurniawan, T. S., & Natasha, N. (2021). Dampak Pembangunan Jalan Desa Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(2), 112–120.

Nadimi, N., Camporeale, R., Khaleghi, M., Haghani, M., Sheykhfard, A., & Shaaban, K. (2023). A Method to Determine an Equity Score for Transportation Systems in the Cities. Sustainability, 15(7), 5818.

Peraturan Pemerintah No. 34. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49132/pp-no-34-tahun-2006

Perkl, R., Norman, L. M., Mitchell, D., Feller, M., Smith, G., & Wilson, N. R. (2018). Urban growth and landscape connectivity threats assessment at Saguaro National Park, Arizona, USA. Journal of Land Use Science, 13(1-2), 102-117.

Porri, F., Jordaan, T., & McQuaid, C. D. (2008). Does cannibalism of larvae by adults affect settlement and connectivity of mussel populations? Estuarine, Coastal and Shelf Science, 79(4), 687–693.

Siaran Pers. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2022 Capai 5,31%, Tertinggi Sejak 2014. Jakarta. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4904/pertumbuhan-ekonomi-tahun-2022-capai-531-tertinggi-sejak-2014

Sihaloho, E. D. (2020). Analisis pengaruh penerimaan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia: pendekatan vektor autoregressive. Forum Ekonomi, 22(2), 202-209.

Tanjung, N. A., Ernan, R., & Widiatmaka (2021). Suitable and Available Land for Settlement Development in Cianjur Regency. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 11(4), 550-566.

UU No. 38. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, 1–61. https://jdih.pu.go.id/internal/assets/assets/produk/UU/2014/10/UU38-2004.pdf

Wu, W., & Divigalpitiya, P. (2022). Assessment of Accessibility and Activity Intensity to Identify Future Development Priority TODs in Hefei City. Land, 11(9).

Zaharia, F. A., & Taloş, A. M. (2018). Evaluating the spatial connectivity degree of the Dobrogea settlement network. Romanian Journal of Geography, 62(2), 249–258.

Zhang, Y., Wen, H., Xie, P., Hu, D., Zhang, J., & Zhang, W. (2021). Hybrid-optimized logistic regression model of landslide susceptibility along mountain highway. Bulletin of Engineering Geology and the Environment, 80(10), 7385–7401. https://doi.org/10.1007/s10064-021-02415-y

Downloads

Published

2023-12-30