Upaya Pengurangan Resiko Bencana Banjir di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Trucuk Kabupaten Klaten

Authors

  • Diana Pramesti Listiaji Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mutiara Ilmi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Wisudaryono Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dadang Surya Bima Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aprilia Nur Rahmawati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v3i2.1760

Keywords:

Bencana Banjir, Kesiapsiagaan, Pengurangan Risiko Bencana

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Trucuk merupakan sekolah yang rawan banjir. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui tingkat pemahaman warga sekolah tentang bencana banjir, 2) Mengetahui tingkat kesadaran warga sekolah terhadap upaya pengurangan risiko bencana banjir dan 3) Mengetahui tingkat kesiapsiagaan warga sekolah dalam upaya pengurangan risiko bencana banjir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan kuisoner. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat pengetahuan warga sekolah mengenai bencana banjir berada pada kategori tinggi (75%), 2) tingkat kesadaran warga sekolah terhadap upaya pengurangan risiko bencana banjir berada pada kategori tinggi (47%) dan 3) tingkat kesiapsiagaan warga sekolah dalam upaya pengurangan risiko bencana banjir juga berada pada kategori tinggi (70%). Dengan demikian, jika dilihat dari tiga indikator tersebut maka dapat disimpulkan bahwa upaya pengurangan risiko bencana banjir di Madrasah Tsanawiyah Trucuk Kabupaten Klaten berada pada kategori tinggi.

References

Aji, A. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).

Asror, L. N. (2015). Tingkat Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana banjir Di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Unniversitas Muhammadiyah Surakarta).

Firmansyah, I. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor Pada Remaja Usia 15-18 Tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Makassar, T. (2011). Pengaruh penyuluhan tentang kesiapsiagaan bencana banjir terhadap pengetahuan dan sikap kepala keluarga di Desa Romang Tangaya Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Halaman 1-12.

Mulyani, D. (2014). Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Ngombakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nurromansyah, A. N., & Setyono, J. S. (2014). Perubahan Kesiapsiagaan Masyarakat DAS Beringin Kota Semarang dalam Menghadapi Ancaman Banjir Bandang. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 2(3), 231-244.

Purnamasari, I. (2013). Pengaruh Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Pramuka Dalam Menghadapi Benacana Banjir di SMP Negeri 3 Mojolaban Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Naskah Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siswandari. (2015). Statistika Computer Based Cetakan. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Susanti, R., Sari, S. A., Milfayetty, S., & Dirhamsyah, M. (2014). Hubungan Kebijakan, Sarana dan Prasarana dengan Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Siaga Bencana Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan: Program Pascasarjana Unsyiah, 1(1).

Triyani, Y. (2013). Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di SMP Islam Bakti 1 Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Umar, N. (2013). Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Banjir di Bolapapu Kecamatan Kulawi Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal Keperawatan Soedirman, 8(3): 105-119.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Waskitaningsih, N. (2012). Kearifan lokal masyarakat sub-sistem drainase bringin dalam menghadapi banjir. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4): 383-391.

Downloads

Published

2019-12-31