Systematic Literature Review: Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual pada Pembelajaran Geografi Materi Litosfer

Authors

  • Dwi Larasaty Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Dede Sugandi Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Nur Isnaini Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v8i1.25737

Keywords:

Media Pembelajaran Visual, Litosfer, Systematic Literature Review

Abstract

penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran geografi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Terlebih pada materi yang tidak dapat dilihat dan diamati secara langsung oleh mereka, sebagai contoh materi litosfer. Meskipun telah banyak penelitian tentang media pembelajaran untuk materi litosfer, namun belum ada sintesis yang komprehensif terhadap penelitian-penelitian tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mensintesis berbagai artikel yang mengkaji tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual pada pembelajaran geografi materi litosfer dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Melalui pencarian pada Google Scholar (Google Cendekia), ditemukan sebanyak 136 artikel yang kemudian diseleksi menggunakan kriteria inklusi. Hasilnya, terdapat 13 artikel yang dianalisis dan disintesis sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan sintesis tersebut, diketahui bahwa media visual yang dimanfaatkan dalam pendidikan geografi materi litosfer yaitu media animasi, kartu bergambar, multimedia memory sport, media web-based, e-modul, e-comic, motion graphic, aplikasi android, augmented reality, media tiga dimensi, dan video, baik video yang berdiri sendiri maupun terintegrasi dengan Learning Management System (LMS). Kelebihan dan kekurangan masing-masing media pembelajaran selayaknya dijadikan pertimbangan dalam pemanfaatan media pada pendidikan geografi materi litosfer.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.

Cahyani, R. D., & Susarno, L. H. (2018). Pengembangan Media E-Modul Berbasis Android pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Litosfer Kelas X IPS SMA Terbuka 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 9(2), 1-9.

Dahliana, E., Khairani, K., & Anwar, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Modifikasi Menggunakan Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Geografi X. MIA. 4 SMA Negeri 11 Pekanbaru. Jurnal Kependudukan dan Pembangunan Lingkungan, 2(1), 34-44.

Marhadi S. K. (2004). “Hakikat Geografi” dalam Buku Ilmu Geografi dan Pelestarian Lingkungan dalam PIPS (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 2-14.

Murtado, D., Putu, I., Dharma Hita, A., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Haqiqi Ma’mun, A., & Daud Yahya, M. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 06(01), 35-47.

Noor, I. P. (2017). Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Banjarmasin. SOCIUS: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 174-182.

Prayoga, D. A. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 64-73. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.190

Primananda, R., & Hamid, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual oleh Guru Geografi pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 15–44.

Prismanata, Y., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Memory Sport pada Materi Litosfer untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 97-110.

Reni, R. (2019). Penerapan Metode Make a Match Berbantu Media Visual Pada Materi Litosfer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 45-57. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.116

Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi Motion Graphics Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168–177.

Sahuni, S., Budiningsih, I., & Marwani, L. (2020). Interaction of Learning Media with Learning Interest in Arabic Learning Outcomes. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 43-52.

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1742

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. 6, 196–208.

Siswanto, S. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian untuk Mensintesis Hasil-hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Sulistianingsih, E., & Mukminan. (2019). The Development of Web-Based Learning Multimedia on Lithosphere Material and Its Effectivity in Improving Students’ Learning Motivation and Outcomes. Jurnal Geosfera Indonesia (GEOSI), 4(1), 11–24.

Surahmi, S., Lihawa, F., & Yusuf, D. (2021). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS 3 Materi Litosfer di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bonebolango. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11548

Taufiq, M., Wijayanti, A., & Fajriah, E. (2020). The Implementation of E-Comic Earth Layer to Enhance Students’ Self-Directed Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070

Wahyuni, E., Ulfah, M., & Cristanto, H. (2020). Pengaruh Media Tiga Dimensi pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Artikel Penelitian. Universitas Tanjung Pura.

Wulandari, S. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Video Visual Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Lampung.

Downloads

Additional Files

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles