Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Geografi melalui Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society)

Karunia Puji Hastuti, Parida Angriani, Faisal Arif Setiawan

Abstract


Menulis merupakan proses untuk menuangkan ide/gagasan dalam bentuk tulisan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih menganggap manulis merupakan suatu hal yang sulit dan tidak penting. Fakta lainnya menunjukkan bahwa budaya menulis telah berganti ke budaya menyalin (copy-paste). Oleh sebab itu diperlukan strategi tertentu untuk menstimulasi mahasiswa mengatasi berbagai kesulitan menulis karya ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan karya ilmiah mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis and Mctaggart. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat yang berjumlah 14 orang. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa pada pra tindakan sebesar 59,14% (kategori cukup), pada Siklus I sebesar 70,42% (kategori baik), dan pada Siklus II sebesar 76,71% (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis SETS dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat.


Keywords


SETS; keterampilan menulis; karya ilmiah

Full Text:

PDF

References


Al-Jarrah, T. M., Mansor, N., Talafhah, R. H., & Al-Jarrah, J. M. (2019). The Application of Metacognition, Cognitivism, and Constructivism in Teaching Writing Skills. European Journal of Foreign Language Teaching, 3(4), 199-213.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian Pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Sosiohumanika, 3(2), 175-192.

Dewi, P. E. S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Pengintegrasian Powers dalam Asessmen Portofolio Elektronik. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 244-254.

Fatchan, A., Soekamto, H., & Yuniarti, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertulis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 33-40.

Hadi, H. (2018). Daya Saing Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi pada Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Periode 2013-2017. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 2(2), 1-16.

Huda, M. A. (2017). Kemampuan Menulis Karangan Argumentatif Mahasiswa Universitas Islam Majapahit. NOSI, 5(4), 1-10.

Husin, M. S., & Nurbayani, E. (2017). The Ability of Indonesian EFL Learners in Writing Academic Papers. Dinamika Ilmu, 17(2), 237–250.

Lee, J., & Bonk, C. J. (2009). Exploring the Use of Wikis for the Improvement of English Writing Skills: Research, Reflections, and Recommendations. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 6(6), 13-26.

Lloyd, J. (2018). Perceptions on the Essential Writing Skills of Entering First-Year College Students. scholarworks.waldenu.edu. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations/5895/

Mariana, I., Purnomo, S., & Firdaus, A. R. (2018). Improving Student Writing Skills in Indonesian Language Learning Narrative Writing Materials Using Writing Process Approach. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 1(3), 99–107.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Mujianto, M., & Zubaidi, Z. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). FKIP E-PROCEEDING, 177-186.

O’Neill, K. S., & Gravois, R. (2017). Using a Focus on Revision to Improve Students’ Writing Skills. Journal of Instructional Pedagogies, 19, 1-12.

Pedretti, E. G., Bencze, L., Hewitt, J., Romkey, L., & Jivraj, A. (2008). Promoting issues-based STSE perspectives in science teacher education: Problems of identity and ideology. Science & Education, 17(8-9), 941-960.

Rahmanelli, R., & Nofrion, N. (2015). Pengembangan Pembelajaran Bervisi Science, Environment Technology and Society (SETS) pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 4(2), 153–162.

Retno, R. S., & Marlina, D. (2018). Implementasi SETS (Science Environment Technology and Society) pada Pembelajaran IPA SD Berbasis Inquiry terhadap Berpikir Ilmiah Siswa Kelas 4 MI Al-Irsyad Madiun. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 54-58.

Saleh, R. J. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Teknodik, 21(1), 80-98.

Shao, X., & Purpur, G. (2016). Effects of information literacy skills on student writing and course performance. The Journal of Academic Librarianship, 42(6), 670-678.

Wibawanto, A. (2016). Menumbuhkan minat baca dan tulis mahasiswa. Pustakaloka, 5(1), 125–134.

Winarsih, E., & Sulistyowati, R. (2017). Efektivitas Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Menumbuhkan Budaya Menulis Mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 236-241.

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1-16.

Yoruk, N., Morgil, İ., & Secken, N. (2009). The Effects of Science, Technology, Society and Environment (STSE) Education on Students’ Career Planning. Online Submission, 6(8), 68-74.

Yulistiana, Y. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) dalam Pendidikan Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 76-82.

Zulkarnaini, Z. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD Semester I Melalui Drill Method. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 1(2), 1-9.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2020 Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

VISITORS