Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kota Banda Aceh

Authors

  • Dinda Zillatul Munawaroh Batubara Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • M. Hafizul Furqan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Daska Azis Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v8i2.27083

Keywords:

Kemampuan TPACK, Guru Geografi, Kota Banda Aceh

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan kerangka kognitif Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru geografi dan perbedaan kemampuan TPACK pada guru geografi di Kota Banda Aceh berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama pengalaman mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dikumpulkan data dari seluruh guru geografi yang tergabung dalam MGMP Geografi di Kota Banda Aceh menggunakan metode survei dan dokumentasi dengan instrumen kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif untuk menghasilkan kategori jenjang kemampuan TPACK dan kategori jenjang kemampuan TPACK berdasarkan komponen pada guru geografi. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis inferensial non parametrik untuk menghasilkan perbedaan kemampuan TPACK guru geografi berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama pengalaman mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan TPACK guru geografi tergolong tinggi ditunjukkan oleh skor rata-rata empirik sebesar 158,31. Kemampuan TPACK guru geografi diukur berdasarkan komponen yaitu Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), dan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) tergolong tinggi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan TPACK guru geografi di Kota Banda Aceh berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama pengalaman mengajar.

References

Alsa, A. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggorowati, L. (2013). Faktor Risiko Kanker Payudara Wanita. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 121-126.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Diakses pada 6 April 2024, dari http://www.bsnpindonesia.org/id/wpcontent/uploads/2012/04/LaporanBSNP

Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Cilegon: Rinekacipta.

Khoerunisa, R. (2022). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Daring Pada Calon Guru Kimia. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2007). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. Educational Research, 9(1), 66.

Mishra P., Koehler, M. J., Schmidt. D. A., et al. (2014). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK: The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. Journal of Research on Technology in Education. Educational Research, 42(2), 123-149.

Norsidi & Suwarno, A. (2024). Efektivitas dan Kelemahan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII IPS SMA Wisuda Pontianak. Geodika, 8(1), 32-40.

Pemerintah Indonesia. (2006). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2010). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Priyatno. (2013). Analisis data dengan SPSS. Jakarta: Media Kom.

Putri, P. D. (2019). Hubungan Latar Belakang Guru Geografi SMA di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat Terhadap Kompetensi TPACK. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah: Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rustam, A., Dwi K. S. E., & Yunita, L., (2018). Statistika & Pengukuran Pendidikan. Bogor: PT. Ilham Sejahtera Persada.

Shulman, L., S. (1986). “Those Who Understand, Knowledge Growth in Teaching”. Dalam Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. Educational Research, 9 (1), 64.

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, & Wiratna V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

The Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. Diakses pada 26 Februari 2024, dari https://www.battelleforkids.org/insights/p21-resources/.

Downloads

Published

2024-09-30