Model Regresi Dampak Pemasaran Tehadap Profitabilitas BUMDes di Kawasan Pertambangan Emas Sumbawa Barat

Authors

  • Ibrahim Ibrahim Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v9i1.27477

Keywords:

Pemasaran, Profitabilitas, BUMDes, Regresi, Pertambangan Emas

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada kawasan pertambangan emas memiliki tingkat profitabilitas masih rendah, meskipun terdapat potensi ekonomi besar. Diperkuat dengan rendahnya pola pemasaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi pemasaran terhadap profitabilitas BUMDes pada kawasan pertambangan emas Kabupaten Sumbawa Barat menggunakan model regresi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner pada 27 pengelola BUMDes. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25.0. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi promosi dan penetapan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan profitabilitas BUMDes. Pentingnya peningkatan efektivitas strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan BUMDes mencapai signifikan nilai Pearson sebesar 0,397 dan signifikansi 0,020. Model regresi memiliki koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,345, berarti bahwa 34,5% variasi dalam profitabilitas oleh variabel-variabel strategi pemasaran. Namun, Adjusted R Square rendah (0,189) model ini cukup variasi profitabilitas BUMDes. Pentingnya strategi pemasaran, terutama penetapan harga, dalam meningkatkan profitabilitas BUMDes. Perlunya BUMDes fokus pada pengembangan strategi promosi dan penetapan harga lebih efektif dengan melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja tim pemasaran.

References

Afroh, I. K. F., Hafidzi, A. H., & Aurelia, N. (2023). Sosialisasi Cara Menciptakan Peluang Usaha dan Rebranding pada UMKM Kecamatan Kalisat. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 57-61.

Al-Slehat, Z. A. F. (2023). Fintech And Financial Inclusion: The Mediating Role Of Digital Marketing. Business: Theory and Practice, 24(1), 183–193.

Aritenang, A. (2021). The Role Of Social Capital On Rural Enterprises Economic Performance: A Case Study In Indonesia Villages. Sage Open, 11(3).

Baskoro, H., Sukaris, S., & Ismanto, H. (2022). Penyuluhan Manajemen Usaha Dalam Mendukung Usaha Bumdes Desa Prupuh. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(2), 198-209.

Bouhelal, F., & Adouka, L. (2022). Shift from product innovation strategy to marketing innovation strategy to add value to the firm. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 10(2), 167-178.

Bris, A., Wang, T. Y. H., Zatzick, C. D., Miller, D. J. P., Fern, M. J., Cardinal, L. B., ... & Sangiorgi, F. (2021). Knights, Raiders, And Targets-The Impact of The Hostile Takeover-Coffee, Jc, Lowenstein, L, Roseackerman, S. Journal Of Banking & Finance, 37(1).

Cartwright, S., Liu, H., & Davies, I. A. (2022). Influencer marketing within business-to-business organisations. Industrial Marketing Management, 106, 338-350.

Nurmadewi, D. (2023). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 385-392.

Andriani, R., Fauzzia, W., Veranita, M., Noor, C. M., Ismail, K., Hidayat, F. A., & Parino, N. H. S. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran melalui Digital Marketing pada UMKM Binangkit Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 356-359.

Handayani, W., Yuliarti Semara, O., Rahayu, F., & Shaddiq, S. (2022). Digital Marketing as an Integrated Marketing Communication Strategy in Village Owned Business Agencies" Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)" based on Local Wisdom in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0.

Hayati, M., Nugroho, T. R. D. A., & Firdaus, M. W. (2023). Peningkatan Kapasitas Menajemen dan Kewirausahaan Pengelola BUMDES Jaya Lestari Desa Pandebeh Kecamatan Kamal. Sewagati, 7(4), 626-633.

Ibrahim, I., Setiadi, S., Saleh, M., Gani, A. A., Mintasrihardi, M., Am, J., & Kamaluddin, K. (2022). Karakteristik BUMDes pesisir pada kawasan pertambangan emas di Kecamatan Maluk Sumbawa Barat. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(1), 14-23.

Ibrahim, I., Sutarna, I. T., Abdullah, I., & Kamaluddin, K. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Melalui Badan Usaha Milik Desa Pada Kawasan Pertambangan Emas di Kabupaten Sumbawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Planoearth, 2, 48-52.

Ibrahim, I., & Sutarna, I. T. (2018). Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perdesaan Kawasan Pertambangan Emas Di Kabupaten Sumbawa Barat. Tataloka. Jurnal Tata Loka, 20(3), 309-316.

Irianto, O., & Wati, C. H. S. (2022). The impact of village-owned enterprises (BUMDES) in strengthening food security in Merauke Regency. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1107, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.

Juharni, J., IIkram, M., & Sobirin, S. (2023). Swot-Ahp in Determining a Public Service Development Strategy for Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) in Luwu Regency.

Kania, I., Anggadwita, G., & Alamanda, D. T. (2021). A new approach to stimulate rural entrepreneurship through village-owned enterprises in Indonesia. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 15(3), 432-450.

Kumalasari, D. (2022). Pengembangan Pengembangan UMKM untuk Meningkatkan Penghasilan Melalui Digital marketing di Dusun Karangnongko Desa Sumberagung Kecamatan Plosoklaten Kediri. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 189-198.

Lopezosa, C., Giomelakis, D., Pedrosa, L., & Codina, L. (2024). Google Discover: uses, applications and challenges in the digital journalism of Spain, Brazil and Greece. Online Information Review, 48(1), 123-143.

Ma’ruf, I., Kamal, M. M., Satria, A., Sulistiono, Halimatussadiah, A., & Setiawan, Y. (2023). The Paradox of Privatization in Inland Fisheries Management: Lessons from a Traditional System. Sustainability, 15(23), 16273.

Maesaroh, R., Mahrus, M., & Yuliani, I. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran (Bauran Pemasaran 7P) Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Kecamatan Muara Badak. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 227-244.

Markaki, E., & Chadjipadelis, T. (2022). The use of the Game Theory Context in the strategic political marketing design. The case of the USA elections. In International Conference on Business and Economics-Hellenic Open University (Vol. 2, No. 1).

Hidayat, M. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2019-2021). Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 145-155.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., ... & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital pada BUMDES Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 8-14.

Pandya, D., Kumar, G., & Singh, S. (2023). Aligning sustainability goals of industrial operations and marketing in Industry 4.0 environment for MSMEs in an emerging economy. Journal of Business & Industrial Marketing, 39(3), 581-602.

Rahmawati, A., Tutiasri, R. P., Febriana, P., & Febriyanti, S. N. (2022). Selling Honey And Making Money-An Instagram Marketing Strategy And Basic Photography Training For Women Of Kemlagi Village, Mojokerto, East Java. Indonesian Community Empowerment Journal, 3(1), 166–170.

Ray, S., & Nayak, L. (2023). Marketing sustainable fashion: trends and future directions. Sustainability, 15(7), 6202.

Revida, E., Ismail, R., Lumbanraja, P., Trimurni, F., Sembiring, S. A. B., & Purba, S. (2023). Village Owned Enterprises Governance (BUMDes) Based on the Tourism Village Development. International Journal of Sustainable Development & Planning, 18(10).

Saleh, S., Hakim, L., Fatmawati, F., Tahir, R., & Abdillah, A. (2023). Local capasity, farmed seaweed, and village-owned enterprises (BUMDes): A case study of village governance in Takalar and Pangkep Regencies, Indonesia. International Journal of Sustainable Development Research, 9(1), 1-10.

Saputro, E. P. N., Widiarti, P. W., Hidayati, U., & Disyacitta, F. (2023). The analysis of Bokoharjo digital marketing communication media in promoting its potential. Journal of Social Studies (JSS), 19(1), 111-122.

Sukarja, D. (2022, February). Corporate Social Responsibility for the Development of Village-Owned Enterprises: Legal Opportunities and Challenges. In Second International Conference on Public Policy, Social Computing and Development (ICOPOSDEV 2021) (pp. 370-378). Atlantis Press.

Sulaiman, A. I., Sabiq, A., Rahayu, D. B. S., Prastyanti, S., Sugito, T., Wijayanti, I. K. E., & Weningsih, S. (2023). Economic Institutional Empowerment Model as a Climate and Energy Independent Village Based on Local Wisdom. Revista de Gestão Social e Ambiental, 17(6), e03728-e03728.

Tanjung, I. S., & Yenni, E. (2023). Bumdes Bangun Mandiri Communication Strategy in Developing Villages Based on Local Wisdom in Bekiung Village. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(3), 204-209.

Wang, Y. (2022). Analysis On The Evolution And Innovation Essence Of Product Life Cycle Oriented Marketing Theory. Bcp Business & Management.

Wardhana, A. C., Romadlon, F., Fitriana, G. F., Munikhah, I. A. T., Prasetya, N. A., Pratama, A. Y., ... & Suparyo, S. (2022). Evaluating Village-owned Enterprises and SMEs Businesses Engagement Through Web Application Using System-Usability Scale. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1691-1697.

Yuniarta, G. A., Purnamawati, I. G. A., & Suwena, K. R. (2023). The effect of using digital marketing platforms, optimizing potential assets on the inclusive and sustainable economy improvement. International Journal of Organizational Behavior and Policy, 2(1), 35-44.

Downloads

Published

2025-01-29