Efektivitas E-Modul Interaktif Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v9i1.28193Keywords:
E-Modul Interaktif, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Pembelajaran geografi di SMA masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama dalam memahami konsep sumber daya alam. Metode pembelajaran konvensional cenderung kurang interaktif, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan pemecahan masalah secara inovatif. Penelitian ini mengkaji efek e-modul interaktif berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA dalam materi sumber daya alam, menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian yaitu kelas X1 dan X2 di SMAN 1 Turen. Data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh e-modul interaktif berbasis pembelajaran proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,003. Penggunaan teknologi dan metode pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan keterampilan kognitif siswa. E-modul merupakan sarana inovatif yang mendukung proses pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Dengan fitur yang fleksibel dan mudah diakses, e-modul juga mendorong pembelajaran mandiri, memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Penggunaannya tidak hanya mempermudah penyampaian materi, tetapi juga mempercepat pemberian umpan balik dan evaluasi, sehingga siswa dapat terus meningkatkan kompetensinya secara optimal.
References
Albana, L. F. A. N. F., & Sujarwo, S. (2021). An Interactive E-Module Develompent to Increase the Self-Regulated Learning of Basic Graphic Design. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.33278
Andriansyah, I., Nurdin, E. A., & Fathimah, N. S. (2023). Penerapan Model Project-Based Learning Berbantuan E-Modul pada Materi Pemrograman Web untuk Meningkatkan Logical Thinking Siswa. Computing and Education Technology Journal, 3(2), 23. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10538
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Dwitya, K., Sujaya, A., Dwi Herlambang, A., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang (Vol. 7, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id
Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50-62.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018a). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018b). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Koro, M., Nawa, N. E. A., & Benu, E. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Tentang Pelestarian Makhluk Hidup di Kelas IV SD GMIT Baumata. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 65–73. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i3.11862
Laili, I. (n.d.). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Mahendrawan, E., Solihat, I., & Yanuarti, M. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning (PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 338–347. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1119
Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132
Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab dalam Proses Pembelajaran Daring di SD Kristen di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8
Pramiswari, E. D., Suwandayani, B. I., & Deviana, T. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhmmadiyah 03 Assalaam. AUTENTIK: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 212–224. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.343
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931
Raharjo, Moh. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Ikatan Kimia untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. HYDROGEN: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102
Rahyuningsih, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation Terhadap Kreativitas Siswa Materi Sumber Daya Alam Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rumbio Jaya. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sari, P., Hadiarti, D., & Kurniasih, D. (2024). Development of an E-Handbook Based on Research on the Medicinal Plant Premna serratifolia as The Natural Resources of West Kalimantan for High School Students. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 10(3), 1134. https://doi.org/10.33394/jk.v10i3.12306
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Sidiq, R. & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Vianis, R. O., Subroto, W. T., & Susanti, S. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 211–222. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222
Widiastuti, A., Istihapsari, V., Afriady, D., Lhi Banguntapan, S., Dahlan, U. A., & Wirobrajan, S. M. (n.d.). Meningkatkan kreativitas siswa melalui project based learning pada siswa kelas v Sdit Lhi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tuti Mutia, Yusuf Suharto, Alfi Sahrina, Adip Wahyudi, Martha Abymanyu Ragil Atmaja, Riska Aprilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.