Efektivitas E-Modul Interaktif Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa

Authors

  • Tuti Mutia Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Yusuf Suharto Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Alfi Sahrina univeDepartemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Adip Wahyudi Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Martha Abymanyu Ragil Atmaja Departemen Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Riska Aprilia Profesi Pendidikan Guru, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v9i1.28193

Keywords:

E-Modul Interaktif, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Pembelajaran geografi di SMA masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama dalam memahami konsep sumber daya alam. Metode pembelajaran konvensional cenderung kurang interaktif, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan pemecahan masalah secara inovatif. Penelitian ini mengkaji efek e-modul interaktif berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA dalam materi sumber daya alam, menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian yaitu kelas X1 dan X2 di SMAN 1 Turen. Data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh e-modul interaktif berbasis pembelajaran proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,003. Penggunaan teknologi dan metode pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan keterampilan kognitif siswa. E-modul merupakan sarana inovatif yang mendukung proses pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Dengan fitur yang fleksibel dan mudah diakses, e-modul juga mendorong pembelajaran mandiri, memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Penggunaannya tidak hanya mempermudah penyampaian materi, tetapi juga mempercepat pemberian umpan balik dan evaluasi, sehingga siswa dapat terus meningkatkan kompetensinya secara optimal.

 

References

Albana, L. F. A. N. F., & Sujarwo, S. (2021). An Interactive E-Module Develompent to Increase the Self-Regulated Learning of Basic Graphic Design. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.33278

Andriansyah, I., Nurdin, E. A., & Fathimah, N. S. (2023). Penerapan Model Project-Based Learning Berbantuan E-Modul pada Materi Pemrograman Web untuk Meningkatkan Logical Thinking Siswa. Computing and Education Technology Journal, 3(2), 23. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10538

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Dwitya, K., Sujaya, A., Dwi Herlambang, A., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang (Vol. 7, Issue 4). http://j-ptiik.ub.ac.id

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50-62.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018a). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018b). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Koro, M., Nawa, N. E. A., & Benu, E. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Tentang Pelestarian Makhluk Hidup di Kelas IV SD GMIT Baumata. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 65–73. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i3.11862

Laili, I. (n.d.). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Mahendrawan, E., Solihat, I., & Yanuarti, M. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning (PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 338–347. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1119

Maisyarah, M., & Lena, M. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Pabesak, R. R., & Santoso, M. P. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab dalam Proses Pembelajaran Daring di SD Kristen di Medan. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.1-8

Pramiswari, E. D., Suwandayani, B. I., & Deviana, T. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhmmadiyah 03 Assalaam. AUTENTIK: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 212–224. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i2.343

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931

Raharjo, Moh. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Ikatan Kimia untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. HYDROGEN: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102

Rahyuningsih, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation Terhadap Kreativitas Siswa Materi Sumber Daya Alam Indonesia Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rumbio Jaya. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sari, P., Hadiarti, D., & Kurniasih, D. (2024). Development of an E-Handbook Based on Research on the Medicinal Plant Premna serratifolia as The Natural Resources of West Kalimantan for High School Students. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 10(3), 1134. https://doi.org/10.33394/jk.v10i3.12306

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Sidiq, R. & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Vianis, R. O., Subroto, W. T., & Susanti, S. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 211–222. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222

Widiastuti, A., Istihapsari, V., Afriady, D., Lhi Banguntapan, S., Dahlan, U. A., & Wirobrajan, S. M. (n.d.). Meningkatkan kreativitas siswa melalui project based learning pada siswa kelas v Sdit Lhi.

Downloads

Published

2025-01-31