Implementasi Pendidikan Lingkungan dan Kecerdasan Ekologis Siswa Terhadap Lingkungan Persekolahan di SMA Negeri 3 Palu
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v9i2.29851Keywords:
pendidikan lingkungan, kecerdasan ekologis, lingkungan persekolahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi pendidikan lingkungan dan kecerdasan ekologis siswa di SMA Negeri 3 Palu serta dampaknya terhadap lingkungan persekolahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan yang diterapkan di SMA Negeri 3 Palu tidak hanya dilaksanakan secara teori di dalam ruangan tetapi juga di luar ruangan dan didukung dengan adanya upaya dan kebijakan sekolah yaitu Program Adiwiyata. Indikator kecerdasan ekologis yang memberikan dampak pembentukan kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan di SMA yaitu: 1) pengetahuan lingkungan; 2) sikap peduli; dan 3) tindakan konkret. Faktor utama yang mempengaruhi kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan sekolah yaitu: 1) faktor internal meliputi pengetahun dan 2) faktor eksternal meliputi: lingkungan sosial, budaya masyarakat sekitar, dan peran orang tua.
References
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. Kota Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Amir, M., Muris, M., & Arsyad, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(3), 202-213.
Doherty, T. J. (2009). Ecological Intelligence: How Knowing the Hidden Impacts of What We Buy Can Change Everything by Daniel Goleman. Ecopsychology, 1(2), 100-103.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.
Hasan, H. R. (2023). Model Manajemen Pengelolaan Kebersihan di Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 72-83.
Herlina, N., Suprapto, P. K., & Chaidir, D. M. (2021). Studi Komparatif Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata dengan Non Adiwiyata. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(2).
Hidayat, F. A., & Irianti, M. Faturrahman. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1-8.
Jumirah, J., Sari, P. A., Kusnadi, E., & Oktaviani, A. D. (2021). Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah pada Kegiatan Green-Chemistry dalam Kondisi New Normal Pandemi Covid-19. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 31-36.
Khoirunnisa, D., Yusal, Y., & Wulandari, R. W. (2023). Literasi Lingkungan Siswa SMP: Pengetahuan Ekologi, Keterampilan Kognitif, Sikap Peduli Lingkungan, dan Perilaku Tanggung Jawab. Guru Membangun, 42(2), 53-58.
Koenarso, D. A. P. (2023). Growing Green: Menanamkan Kebiasaan Hidup Berkelanjutan pada Anak di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 35-43.
Kusdiah, Y., Sriwati, M., Kasnawati, K., & Sampe, R. (2024). Peran Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7415-7421.
Maru, T. P. M., Silan, K., & Lengkey, S. (2024). Pertobatan Ekologis dalam Terang Ensiklik Laudato Si. Pineleng Theological Review, 1(1), 1-12.
Miterianifa, M., & Mawarni, M. F. (2024). Penerapan model pembelajaran literasi lingkungan dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 7(1), 68-73.
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22-29.
Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110-126.
Prabowo, G., & Hafid, A. N. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Sekolah Dasar Prespektif Lingkungan Pendidikan Sekolah. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 8324-8334.
Ramadan, Z. H., Putra, E. D., & Baskara, A. (2020). Environmental Literacy in Elementary School 111 Pekanbaru (A Naturalistic Inquiry Study at Adiwijaya School National Level). Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 306-317.
Rokhmah, Z., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Sekolah Berkurikulum Wawasan Lingkungan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 176-181.
Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215-223.
Sembiring, E. B., & Lim, P. (2020). Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Lingkungan Kampus (Studi Kasus: Motion Graphic Penggunaan Lift). Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 3(2), 61-76.
Sobirin, S. (2018). Pranata Mangsa dan Budaya Kearifan Lingkungan. Jurnal Budaya Nusantara, 2(1), 250-264.
Utari, D., Afgani, M. W., & Afriantoni, A. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di MI Ikhlasiyah Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 1376-1384.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahrul Ardiansyah, Haslita Rahmawati Hasan, Abdul Hamid, Nuraedah Nuraedah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.