Studi Dampak Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Sikur

Animar Animar, Siti Arni Wulandya

Abstract


Penyebaran virus Corona berdampak signifikan pada dunia pendidikan. Kebijakan yang diambil oleh banyak negara termasuk Indonesia adalah dengan meliburkan seluruh aktivitas pendidikan. Hal ini membuat pemerintah dan lembaga terkait harus menghadirkan alternatif proses pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa ditambah dengan perubahan kondisi pembelajaran akibat wabah virus Corona (Covid-19). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai dampak dan kendala dari wabah COVID-19 terhadap kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sikur. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan metode pretest - posttest kemampuan siswa sebelum dan setelah adanya pandemi Covid-19. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan uji t sampel berpasangan  (paired sample t-test) untuk menguji perbedaan pengaruh dua perlakuan pada kelompok sampel yang saling berhubungan. Hasil analisis mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS saat sebelum dengan setelah terjadinya wabah virus corona. Diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka sebesar 86,27 lebih baik dibandingkan nilai rata-rata saat proses pembelajaran dilakukan secara online yaitu sebesar 75,73.


Keywords


dampak covid-19, hasil belajar, geografi

Full Text:

PDF

References


Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 34-48.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 217-226.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1-7.

Kompas.com. (2020, 3 Desember). Timeline Wabah Virus Corona, Terdeteksi pada Desember 2019 hingga Jadi Pandemi Global. Diakses pada 18 Desember 2020, dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi?page=all.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d'Cartesian, 7(1), 44-46.

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Psikologi dan Pendidikan serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39-49.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 49-56.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

The New York Times. (2020, 15 Desember). JHU CSSE Covid-19 Data. Diakses pada 18 Desember 2020, dari https://news.google.com/covid19/map?hl=id&gl=ID&ceid=ID%3Aid.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2020 Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

VISITORS