Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Peta Timbul

Authors

  • Atika Susanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7209-3416
  • Abdul Muktadir Magister Pendidikan Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Nisa Aulia Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Bunda Harini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v9i3.30258

Keywords:

Keterampilan Berpikir kritis, Peta Timbul, Project-Based Learning (PjBL), Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang masih kurang terfasilitasi dalam pembelajaran. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan merefleksikan informasi. Salah satunya melalui pembelajaran berbasis proyek pembuatan peta timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan peta timbul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek peta timbul mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa, yang mencakup kemampuan dalam menginterpretasi informasi, menganalisis konsep, mengevaluasi hasil, menarik inferensi, menjelaskan proses, dan melakukan refleksi diri. Selama pembuatan peta, siswa menunjukkan peningkatan dalam menyampaikan argumen, bekerja sama, serta mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan. Pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan peta timbul dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Author Biographies

Atika Susanti, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

Dosen S1 PGSD, Unib

Abdul Muktadir, Magister Pendidikan Dasar, Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

Dosen S2 Pendidikan Dasar, Unib

Nisa Aulia, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia

Dosen S1 PGMI, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi

Bunda Harini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya, Indonesia

Dosen S1 PGSD, Unsri

References

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of The Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3).

Amal, A. (2023). Implementasi Model Project-based Learning Berbasis Teori Belajar Kolaboratif dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD. Madako Elementary School, 2(2), 172-180.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233-243.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for The 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.

Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 211-221.

Dwiputri, A., & Pujiastuti, H. (2022). Kemandirian Belajar dan Self-Regulation Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 7(2), 311-320.

Ennis, R. H. (1987). A Taxonomy of Critical Thinking Dispositions and Abilities. In J. B. Baron & R. J. Sternberg (Eds.), Teaching Thinking Skills: Theory and practice (pp. 9-26). Freeman.

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations. California Academic Press.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why it Counts. (Research Report). The California Aca-demic Press.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.

Fitriyani, F., Houtman, H., Suroyo, S., & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika: Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(1), 13-24.

Haris, A., Aulya, A., Abdussahid, A., & Wulandari, A. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPS dalam Mendorong Kreativitas Siswa SDN 21 Tolomundu Kota Bima. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(1), 148-156.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 7(1), 118842.

Ismaimuza, D. (2025). Konflik Kognitif, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. CV. Ruang Tentor.

Isnani, T. (2023). Implementation of Project-Based Learning Approach in Improving Critical Thinking Skills of Elementary School Students. Jurnal Ar Ro'is Mandalika (Armada), 3(1), 47-55.

Karan, E., & Brown, L. (2022). Enhancing Student's Problem-Solving Skills through Project-Based Learning. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 10(1), 74-87.

Lestari, R., Windarwati, H. D., & Hidayah, R. (2023). The power of digital resilience: Transformasi berpikir kritis dan penguatan kesehatan mental emosional di era disrupsi. Universitas Brawijaya Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutia, T., Suharto, Y., Sahrina, A., Wahyudi, A., Atmaja, M. A. R., & Aprilia, R. (2025). Efektivitas E-Modul Interaktif Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 9(1), 42-51.

Paul, R., & Elder, L. (2021). Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life (fourth ed.). Rowman & Littlefield.

Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998-3009.

Rahman, A. (2022). Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Penerbit NEM.

Ritchhart, R. (2015). Creating cultures of thinking: The 8 forces we must master to truly transform our schools. Jossey-Bass.

Sanjaya, W. (2020). Strategi pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan, 6(2), 158-176.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: Penerbit Adab.

Sulianta, F. (2025). Literasi Digital pada Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Universitas Widyatama.

Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 201–2011.

Susanti, A., Darmansyah, A., Pujiastuti, P., & Miftakhuddin, M. (2023). Pengaruh Media Hand Puppet Book Berbasis Multikultural Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4532-4541.

Taufiqurrahman, T., & Junaidi, J. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(2), 225-241.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-09-30