Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Sebagai Sumber Belajar Mitigasi Bencana Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v9i3.31408Keywords:
kecerdasan buatan, minat, motivasi, sumber belajar, mitigasi bencanaAbstract
Penggunaan artificial intelligence di kalangan siswa menjadi fenomena yang sering dijumpai akibat dari berkembangnya teknologi dan kebiasaan penggunaan gadget. Sementara itu, minat dan motivasi belajar menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendakatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana di mana data didapatkan dari kuesioner dan angket yang disebar ke 136 siswa kelas XI SMAN 2 Ungaran yang mendapat mata pelajaran geografi. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap minat belajar adalah 0,428 dan nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap motivasi belajar adalah 0,836 yang mana kedua nilai tersebut lebih dari 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa.
References
Al Mas, K. U., Ramadhani, N., Mardiah, S., Zahara, D. A., Aulia, S. E., & Umar, A. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi AI dan Literasi Digital Terhadap Minat Belajar Jurusan Perkantoran di SMKN 1 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7907–7913.
Banowati, E. (2018). Geografi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Banowati, E., Juhadi, & Sanjoto, T. B. (2019). The Utilization of Smartphone Communication Technology the as Digital Literacy Learning School Instruments in 4.0 Era. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012111
Fauziah Fatah, V., Nursyamsiyah, N., Kamsatun, K., Ariyanti, M., & Susanti, S. (2022). Kecanduan Gadget Pada Remaja Pasca Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(2), 284–291. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i2.2131
Ginting, D. S. B., Situngkir, T. Y., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Dampak Sistem Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Implementasi Proses Belajar Mengajar Di Sma Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 246–257. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.186
Hartanto, A. Y., & Rohmah, F. N. (2024). Makin Marak Siswa Pakai AI untuk Mengerjakan Tugas. tirto.id. https://tirto.id/penggunaan-ai-di-dunia-pendidikan-makin-marak-dan-merata-gZax
Herwati, Arifin, M. M., Rahayu, T., Waritsman, A., Solang, D. J., Zulaichoh, S., Aniyati, K., Haryanto, T., Putri, S. S., & Kristanto, B. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan: Teori-Konsep-Aplikasi. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hidayati, V. N., Dani, F. R., Wati, M. S., & Putri, M. Y. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience, 9(3), 707–716. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443
Marwantoro, T., & Sagita, D. A. (2024). Hubungan Penggunaan Artificial Intelligence di kalangan mahasiswa dengan Tingkat Motivasi Belajar Pada Era Society 5.0. Menilik Isu Kewarganegaraan: Dinamika Perkembangan Global pada Era Society 5.0, 109–114.
Nordiansyah, E. (2024). Terbesar Ketiga Dunia, Pengguna AI Indonesia di Bawah AS dan India. metrotvnews.com. https://www.metrotvnews.com/read/kWDCZ2lJ-terbesar-ketiga-dunia-pengguna-ai-indonesia-di-bawah-as-dan-india
Riani, E. C., & Effendi, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligence Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(01), 9–16.
Sutarsih, T., Sari, E., Syakilah, A., & Maharani, K. (2024). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Yunarzat, E., Sida, S. C. N., & Kasman. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1607–1626. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6489
Zainurrofiq, Samsuri, Rohmat, S., & Sodiki, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Ma.Mambaul Ulum Bata-Bata. Journal Creativity, 1(2), 96–102.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahra Syalindri Vibonansi, Eva Banowati, Aprillia Findayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.