Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dan Mengkomunikasikan Hasil Belajar Geografi dengan Teknik WS-2M
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v6i1.4630Keywords:
teknik belajar WS-2M, berpikir kritis, mengkomunikasikan, hasil belajarAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kemampuan critical thinking dan mengkomunikasikan hasil belajar Geografi. Data penelitian diperoleh dari pengamatan, dokumentasi dan penilaian hasil belajar terhadap 67 siswa. Fokus penelitian diarahkan kepada aktivitas guru, perkembangan kemampuan critical thinking dan mengkomunikaiskan hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap teknik belajar WS-2M. Hasil penelitian menunjukkan: 1) aktivitas guru meningkat dari 48.24 menjadi 89,52; 2) final score kemampuan critical thinking meningkat dari 52,56 menjadi 82,88, kemampuan mengkomunikasikan hasil belajar meningkat dari 53,33 menjadi 86,34 dan rerata hasil tes siswa menunjukkan peningkatan positif dari 60,08 menjadi 84,15; dan 3) siswa menanggapi positif penggunaan teknik belajar WS-2M. Dapat disimpulkan bahwa perubahan positif ini terjadi karena treatment dalam pembelajaran didukung keaktifan guru dan siswa. WS-2M mendorong timbulnya self confidence siswa dalam suasana enjoy for learning. Diharapkan kepada guru agar terus berinovasi sehingga siswa tidak jenuh belajar, sekaligus sebagai wahana pengembangan kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas profesionalismenya sebagai seorang pendidik.
References
Adnyana, G. P. (2012). Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3, 201–209.
Afriana, N., Halim, A., & Syukri, M. (2021). Analysis of the Characteristics of Students’ Critical Thinking Skills in Completing National Exam Questions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 196–201. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.627
Anggraini, T. R. (2017). Menulis dan Mencatat dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 52. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.668
Djamarah, Syaiful Bahri. (2021). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Garrett, T. (2008). Student-Centered and Teacher-Centered Classroom Management: A Case Study of Three Elementary Teachers. Journal of Classroom Interaction, 43(1), 34-47.
Gotoh, Yasushi. (2016). Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2016). Niigata University.
Harahap, N. A., Ummah, K., Rohanawati, A. N., & Mardhatillah, S. R. (2019). Pengembangan model pembelajaran Student Center Learning (SCL) berbasis aktivitas pada mata kuliah Pendidikan Pancasila di Fakultas Hukum. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2), 199–212. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss2.art8
Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Taman Cendekia, 24(13), 379–397. https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945
Ikwuyatum, G. O., & Ewedairo, K. (2018). Scientific Approach to Social Science Research. In Contemporary Social Science Research Methods. A Practical Guide (Second Edi, Issue November 2013, pp. 83–90). MURLAB Searchwisdom Educational Services. https://bit.ly/32uvUP2
Indah, R. N., & Kusuma, A. W. (2016). Factors Affecting The Development of Critical Thinking of Indonesian Learners of English Language. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 21(6), 86. https://doi.org/10.9790/0837-2106088694
Jensen, Eric. (2008). Brain Based Learning. Terjemahan Narulita Yusron. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jiwandono, N. R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Perangkat Dan Hasil Evaluasi Pembelajaran Fonologi. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v3i1.776
Keyes, G. (2010). Teaching the Scientific Method in the Social Science. The Journal of Effective Teaching, 10(2), 18–28.
Khasanah, L. P., Sumarsih, & Yulidesni. (2018). Implementasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pelaksanaan Tugas Guru. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 34-37.
Kukuru, J. (2012). Discouraging Transmission Model of Teaching as Telling through Interactive Mode of Questioning. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 2(2), 184–201. https://doi.org/10.9734/bjesbs/2012/1221
Mandal, S. (2018). Teaching-Learning in Higher Education Evolution of Concepts and an Attempt towards Developing a New Tool of Analysis National Institute of Educational Planning and Administration (No. 9; Issue April). https://bit.ly/3CZThMY
Mujianto, H. (2020). Manfaat Learning Resources dalam Pembelajaran Student Centered Learning. Journal Zetroem, 02(01), 11–15.
Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan Perubahan Dari TCL (Teacher Center Learning) Ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76-86.
Nasrun, M., & Chair, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengkomunikasikan Ide dalam Menanggapi Persoalan Melalui Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2), 1-9.
Nurdiansyah, M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik (1st ed.). Nizamia Learning Center Sidoarj.
Nurjanah, W., & Purwanta, H. (2020). Historical Thinking Skils Dan Critical Thinking Skills. Historika, 23(1), 106–118. https://doi.org/10.20961/historika.v23i1.41241
Nurkholis, A. (2019). Student Worksheet Based on Scientific Approach to Improve Learning Outcomes and Creative Thinking Ability of Elementary Student. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 87–100. https://doi.org/10.18326/mdr.v11i1.87-100
Nurmala, R. S., Priantari, I., & Belajar, H. (2017). Discovery Learning Improving Communication Skills and Cognitive Study Result Through Discovery. Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 1–10.
Purwaningsih, W., & Wangid, M. N. (2021). Improving students’ critical thinking skills using Time Bar Media in Mathemathics learning in the third grade primary school. Jurnal Prima Edukasia, 9(2), 248–260. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.39429
Purwanto, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Informasi Geografis Berbasis Higher Order Tinking Skill (HOTS). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3194
Putra, B. K. B., Prayitno, B. A., & Maridi. (2018). The effectiveness of guided inquiry and instad towards students’ critical thinking skills on circulatory system materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 476–482. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14302
Ruhimat, M. (2020). Understanding of social studies teachers on the scientific approach. Universal Journal of Educational Research, 8(11 B), 5677–5685. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082201
Samodra, Y. (2019). Student Centered Innovation Learning Management System. In Lldikti8.Ristekdikti.Go.Id. https://bit.ly/3lhfznz
Santrock, Jhon W. (2008). Perkembangan Anak: Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sekari, A., & Yuniarsih, T. (2019). Contribution of Teacher’s Pedagogic Competence and Learning Facilities in School to Build a Quality Learning Process. Economics, Business and Management Researc, 65(Icebef 2018), 225–229. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.53
Setyawan, D. D., & Mustadi, A. (2020). Is hidrorium able to improve the students’ critical thinking skills? Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 20–28. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.28946
Sibgatullina, T. V., & Selivanova, O. G. (2016). Organizing educational activity of a pupil on the basis of learning technologies. International Journal of Environmental and Science Education, 11(13), 6056–6067.
Suarjani, N. W. (2019). Student Centre Learning (SCL) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 40-46. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.928
Sudarmiani, & Trilaksana, A. (2020). Implementation of the scientific approach on social studies learning based on local wisdom through advanced organizer learning models of the students of junior high schools. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012022
Suparman. (2020). Silabus Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 5 Jonggat. Dokumen tidak dipublikasikan.
Surasmi, W. A. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 30, 1–13. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4925
Syahidah, N. (2015). Metode mind map sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pelajaran ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 5, 108–117. http://eprints.uny.ac.id/21693/1/12 Nuris Syahidah.pdf
Trust, T., Krutka, D. G., & Carpenter, J. P. (2016). “Together we are better”: Professional learning networks for teachers. Computers and Education, 102, 15–34. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.06.007
Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., Probosari, R. M., & Sutanto, A. (2018). Students’ critical thinking skills profile: constructing best strategy in teaching chemistry. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.19768
Wardani, N. P. (2016). Konsep Pembelajaran Student Centered Learning di Perguruan Tinggi. In Konsep Pembelajaran Student Centered Learning di Perguruan Tinggi.
Widodo, S. (1981). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 2 Wado Kabupaten Sumeda. Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, 53(9), 1689–1699.
Wijayanti, W. (2011). Student Centered; Paradigma Baru Inovasi Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 64-75.
Wilson, S. M. dan P. L. P. (2019). Theories of learning and teaching. In Caring for Patients, Caring for Student Nurses (Issue July). https://doi.org/10.4324/9780429459610-2
Yuliandini, F., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Geodika, Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 11(2), 70–79. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2323