Peran Kelompok Tunak Besopok dalam Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengembangan Wisata Alam Gunung Tunak

Authors

  • Hasrul Hadi (SCOPUS ID: 57217994948), Universitas Hamzanwadi, NTB
  • Armin Subhani Pendidikan Geografi, FISE, Universitas Hamzanwadi
  • Suroso Suroso Pendidikan Geografi, FISE, Universitas Hamzanwadi
  • Sri Agustina Pendidikan Geografi, FISE, Universitas Hamzanwadi
  • Mutmainnah Mutmainnah Pendidikan Geografi, FISE, Universitas Hamzanwadi
  • Zahratul Hayati Pendidikan Geografi, FISE, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v6i1.5954

Keywords:

kelompok Tunaq Besopok, konservasi sumber daya alam, pengembangan wisata

Abstract

dalam menjaga eksistensi sumber daya alam sekaligus meningkatkan manfaat wisata alam maka kegiatan konservasi dan pengembangan wisata alam sangat penting untuk dilakukan, termasuk kegiatan konservasi dan pengembangan wisata di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kelompok Tunaq Besopok dalam konservasi sumber daya alam dan pengembangan wisata di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Milles and Huberman dengan tahapan: pengumpulan data (data collecting), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan peran kelompok Tunak Besopok dalam konservasi sumberdaya alam terutama dalam pelestarian satwa seperti rusa, kupu-kupu, dan burung elang. Sementara itu peran kelompok tunak besopok dalam pengembangan wisata di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak antara lain terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengelolaan wisata, seperti sebagai pemandu wisata, jasa transportasi, dan pelaksana event-event wisata.

Author Biography

Hasrul Hadi, (SCOPUS ID: 57217994948), Universitas Hamzanwadi, NTB

References

Barreto, M., & Giantari, I. K. (2015). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas Di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(11), 773-796.

Christanto, J. (2014). Ruang Lingkup Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Modul 1-9. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(2), 18-25.

Gantini, K. D., & Setiyorini, H. P. D. (2012). Pengaruh Revitalisasi Produk Wisata Terhadap Preferensi Mengunjungi Lembah Bougenville Resort. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 2(2), 387-406.

Gare, A. S. (2018). Analisis Kelembagaan Kelompok Tunak Besopoq Dalam Partisipasi Pengelolaan Taman Wisata Alam Gunung Tunak Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

https://travel.kompas.com/read/2021/01/18/144000227/daftar-lengkap-tn-twa-dan-suaka-margasatwa-di-indonesia?page=all Daftar Lengkap TN, TWA, dan Suaka Margasatwa di Indonesia.

Imbiri, S. (2015). Pengelolaan Kawasan Hutan Taman Wisata Alam Gunung Meja di Kabupaten Manokwari. Jurnal Kehutanan Papuasia, 1(1), 36-52.

ksdae.menlhk.go.id (2018). Peresmian Fasilitas Wisata Alam Berbasis Masyarakat Di TWA Gunung Tunak Proyek Kerjasama Indonesia – Korea. Diunduh dari: http://ksdae.menlhk.go.id/berita/2910/peresmian-fasilitas-wisata-alam-berbasis-masyarakat--di-twa-gunung-tunak--proyek-kerjasama-indonesia-%E2%80%93-korea.html.

Miles, B. M., & Huberman., M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rachman, M. (2012). Konservasi Nilai dan Warisan Budaya. Indonesian Journal of Conservation, 1(1), 30-39.

Sawaki, A., Wambrauw, L. T., & Sinery, A. S. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Taman Wisata Alam Gunung Meja di Kabupaten Manokwari (Studi Kasus Kampung Ayambori). Cassowary, 2(1), 18-29.

Soselissa, F., & Seipalla, B. (2021). Peran Stakeholders dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Siwang Paradise di Desa Siwang Kota Ambon. Jurnal hutan pulau-pulau kecil, 5(1), 28-39.

Syukur, M. A. (2018). Inventarisasi Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu (Lepidoptera) di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Skripsi, tidak dipublikasikan. Mataram: Universitas Mataram.

Tagar.id. (2018). Lima Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Lombok Tengah. Diakses dari https://www.tagar.id/lima-tempat-wisata-wajib-dikunjungi-di-lombok-tengah

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles