Desain Model ASSURE Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi

Authors

  • Rian Trian Mahar Pascasarjana Pendidikan Geografi, FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Nandi Nandi Pascasarjana Pendidikan Geografi, FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v7i1.6158

Keywords:

desain model ASSURE, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Motivasi  belajar  adalah  salah satu faktor  yang berpengaruh terhadap keberhasilan  peserta  didik  dalam menempuh  pembelajaran. Akan  tetapi,  motivasi  belajar  peserta  didik  pada  mata  pelajaran geografi  tingkat SMA di Indonesia masih rendah. Meskipun,  sarana  dan  prasarana pembelajaran yang berada di satuan pendidikan sudah cukup lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model ASSURE terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi. Studi ini menggunakan metode systematic review dengan mereview beberapa artikel ilmiah yang relevan dengan penelitian penulis. Data ini diambil dari database jurnal seperti e-journal GEA, JIMPGEO, Swara Bhumi, Buana, Sinau dan situs jurnal lainnya yang relevan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE (variabel bebas) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi (variabel terikat). Hasil studi ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan model ASSURE pada pembelajaran Geografi di SMA. Dengan demikian, hasil studi ini bisa memperkuat dan merangkum hasil-hasil penelitian terkait model pembelajaran model ASSURE. Implikasi hasil studi ini bisa menjadi pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan desain model ASSURE.

References

Ahmad, A. (2007). Desain Pembelajaran: Potret Profesionalitas Dosen. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(2), 138-152.

Eva, R. (2015). Pengaruh aplikasi model ASSURE terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).

Khomaeni, A., & Sulistinah, M. P. (2017). Pengembangan Media Kartu Mitigasi Bencana untuk Mata Pelajaran Geografi pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X MAN 1 Gresik. Swara Bhumi, 4(4), 69-79.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 1-10.

Ma'mun, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA NU Juntinyuat Indramayu Melalui Penerapan Metode Assure. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 28-39.

Maulina, W., Kamaruddin, T., & Harun, M. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Assure Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 1(1).

Mellita, S. A., & Rosita, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 3(2), 70-79.

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities in Higher Order Thinking Skill (HOTS) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122-130.

Pribadi, B. A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (cetakan 24). Jakarta: Rajawali Pers.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99.

Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2002). Instructional media and technologies for learning Seventh Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Suasti, Y. (2018). Pengembangan Sumber Belajar Geografi Berbasis Weblog pada Materi Pembelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 8 Padang. Jurnal buana, 2(3), 738-738.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar: Bandung: Sinar Baru Algesindo.

UNESCO. (2021). SDG Resources for Educators - Quality Education. UNESCO.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles