Respon Wisatawan Terhadap Pelayanan dan Pengelolaan Objek Wisata Planet Garden di Dusun Kebun Tatar Kelurahan Kelayu Utara Kecamatan Selong Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v1i2.855Keywords:
Pelayanan dan Pengelolaan Objek Wisata, ResponAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon wisatawan terhadap pelayanan dan pengelolaan objek wisata Planet Garden di Dusun Kebun Tatar Kelurahan Kelayu Utara Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, sifat populasi yang digunakan adalah populasi tidak terbatas dengan tekhnik sampling yang digunakan adalah non probality sampling dengan jenis accidental sampling. Pengambilan sampel non probality sampling tersebut, jumlah sampelnya menggunakan quota sampling dengan quota sebesar 45 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dengan jenis observasi non partisipasi, wawancara dengan jenis wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis tabulasi dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa respon wisatawan terhadap pelayanan dan pengelolaan objek wisata Planet Garden berdada pada ketegori “sangat positif†dengan persentase sebesar 73,6 %.
References
Junaidi, Ahmad. (2014). “Respon Para Pengunjung Terhadap Pelayanan Objek Wisata Putri Duyung Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timurâ€. Sripsi, tidak diterbitkan, STKIP Hamzanwadi Selong
Kasiram, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Yogyakarta: Badan penerbit UIN-MALIKI PRESS (Anggota Ikapi).
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Subhani, A. (2010). Potensi Obyek Wisata Pantai Di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2010 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Soetomo, A. (1994). Buku Pintar dan Sadar Wisata Pendidikan Kepariwisataan. Solo: CV Aneka.
Waluyo. (2007). Manajemen Publik. Semedang: Mandar Maju