Penanggulangan Krisis Air Bersih di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Baiq Tahyatul Wafi Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Armin Subhani Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v1i2.858

Keywords:

Kerisis air bersih, Penanggulangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanggulangan krisis air bersih di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk Desa Seriwe, maka permintaan air bersih akan terus meningkat. Belum optimalnya pelayanan PDAM di Desa Seriwe membuat pemenuhan air bersih menjadi terganggu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dilapangan dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik sampel menggunakan sampel purposive sampling, dengan subjek penelitian terdiri dari pemerintah Desa Seriwe dan masyarakat Desa Seriwe yang merasakan dampak langsung krisis air bersih. Setelah data terkumpul, data kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, interactive model. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa usaha penaggulangan krisis air bersih yang dilakukan oleh pihak pemerintah yaitu dengan menyediakan bak penampungan air bersih yang merupakan bantuan dari BNPB. Sementara itu, usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk menanggulangi krisis air bersih yaitu dengan membeli air bersubsidi dari PDAM yang dijual menggunakan mobil tangki air.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Arsyad, S. (1989). Konservasi Tanah dan Air. Penerbit IPB: Bogor.
Danaryanto, et al. 2008. Manajemen Air Tanah Berbasis Cekungan Air Tanah.
Dinas Pertambangan dan Energi provinsi Jawa Tengah. (2004). Potensi Cekungan
Direktorat Pembinaan Pengusahaan Panas Bumi dan Pengelolaan Air Tanah, Direktorat Jendral Mineral, Batu Bara dan Panas Bumi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.
DitJen. Sumber Daya Air Dep. Kimpraswil. 2002. Pengelolaan Terpadu Sumber Daya Air dan Repormasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Air. Lokakarya Nasional tentang Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Air. Kerja sama DitJen. Sumberdaya Air Dep. Kimpraswil dengan South Eeast Asia Technical Advisory Committe (SEATAC).
Haldien. 2011. Pengelolaan Air Bersih. Diunduh 6 Juni 2011. Iman, Ansori. 2004. Konsepsi Pengelolaan Sumber Daya Air Menurut UU No.7
Kodoatie, Robert J. (2008). Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu. Yogyakarta: Andi.
Sanim, B. (2011). Sumberdaya Air dan Kesejahteraan Publik. Bogor IPB Press.

Downloads

Published

2018-12-17