Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa MTs NW Pringgabaya Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/geodika.v1i2.859Keywords:
Lingkungan Fisik Sekolah, Minat Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Lingkungan fisik sekolah terhadap minat belajar siswa MTs NW Pringgabaya Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode korelasional. Penelitian korelasi merupakan salah satu bagian penelitian ex-post facto, karena biasanya peneliti tidak memanipulasi keadaan variabel yang ada dan langsung mencari keberadaan hubungan dan tingkat hubungan variabel yang direfleksikan dalam koefisien korelasi. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi dan penyebaran angket. Observasi ini di gunakan untuk mengetahui lingkungan fisik sekolah, dan angket ini digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah, menggunakan analisis data dengan korelasi product moment. Setelah dilakukan perhitungan terhadap data tentang pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap minat belajar siswa kelas VIII, diperoleh t hitung = 2.363 dan nilai t tabel sebesar 2.021 dengan tingkat signifikan adalah 5%.
References
Abdullah, Arul, 2013, Pengertian-Umum-Lingkungan-Sekolah-Adalah-Salah Satu-Kesatuan-ingkungan(online)http://www.scribd.com/doc/232721985/) Diakses, 03 Februari 2015 15:00
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunnurrahman. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA, CV.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: cv. Andioffest
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008.Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman Muhammad, Sulistyorini. 2012. Belajar Pembelajaran. Yogyakarta: kukuh PLMG.
Islamuddin, haryu. 2012.Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: pustaka belajar.
Kasiram.Moh.2010. Metode Penelitian Kualitataif-kuantitatif. Malang: maliki press.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Slameto, 2010.Belajar &faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, bandung: Alfabeta, cv.
Sukardi.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodiah. 2007.Metode Penelitiam Pendidikan, bandung: PT Remaja Rosdakaria.
Sumani, Mukhlas. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sunhaji, 2009.Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Stain Purwokerto Press.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajarn. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yasin, Sanjaya, 2013, pengertian-lingkungan-sekolah-faktor (online) (http://www.sarjanaku.com) Diakses, 26-02-2015 00:12