Dampak Industri Bata Merah Terhadap Kondisi Lahan di Desa Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Ria Apriyanti Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Tuti Mutia Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v2i1.874

Keywords:

Industri Bata Merah, Kondisi Lahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari industri bata merah terhadap kondisi lahan di Desa Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini seluruh masyarakat Kelurahan Kesik yang pekerjaan pokoknya sebagai pengrajin atau pembuat bata merah sebanyak 78 orang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu dalam pengumpulan data primer. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi,dan dokumentasi. Jumlah responden yang dijadikan sampel berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 35 orang (87,50%) responden  menjawab dampak dari industri terhadap kondisi lahan menyebabkan tanah menjadi kurang subur, 2 orang( 5%) responden menjawab tidak subur dan 3 orang (7,50%) responden menjawab tidak mengetahui kondisi kesuburan tanah tersebut.

References

Alwi, Hasan. (2003). Tata Bahasa Baku Indonesia.Jakarta : Balai Pustaka

Endarto, Danang. (2009). Geografi Untuk SMA/SMK Kelas XI.Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional

Hidayat, rahmat. (2006). Model Reklamasi Lahan Kritis Pada Area Bekas Penggalian Batu bata. http://student- research.umm.ac.id/index. php/pkmi/article/view/7966/541. 10 Desember 2014 (10:30).

Karto, Saputra dan Sutedjo. (1991). Pengantar Ilmu Tanah. Bandung : Rineka Cipta

Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Muray, Anggi Akhirta. (2011). Dampak Sosio – Ekonomi dan Ekologi Kawasan Industri Batu Bata (Kasus Kampung Ater dan Ciawian Desa Gerowong Parung Panjang Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Institut pertanian Bogor. Bogor.

Musaddat, Syaiful. (2007). Aplikasi Bahasa Inonesia (Pemahaman Ke Arah Penyusunan Kaya Ilmiah. Mataram : Mataram Pres

Nugroho, Nasir. (2009). Studi Aksesibilitas dan Karakteristik Pengrajin batu Bata di Kelurahan Lalung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Safitri, Riandaru Indah. (2012). Peranan Industri Batu Bata Terhadap Tingkat Kemiskinan Rumah Tangga Petani Pengusaha Batu Bata di Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, dan R dan D). Bandung : Alfabeta

Wikipedia. (2010). Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Batu Bata http://id.wikipedia.org/wiki/Batu_bata.Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 10 Desember 2014 (10:45).

Downloads

Published

2018-06-17

Issue

Section

Articles