Kajian Literatur: Pembelajaran IPA Terpadu di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25602Keywords:
IPA Terpadu Pembelajaran Terpadu, Sekolah Menengah Pertama,Tinjauan PustakaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merinci literatur mengenai implementasi pembelajaran terpadu di sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif. Literatur review merupakan proses pencarian dan penelitian kepustakaan yang melibatkan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lain yang terkait dengan topik penelitian untuk menyusun artikel tentang subjek atau topik tertentu. Langkah-langkah penelitian mencakup pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian berasal dari artikel jurnal nasional yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terkumpul 10 artikel, beberapa di antaranya sesuai dengan judul topik penelitian. Dengan merujuk pada teori sebagai acuan, penerapan pembelajaran terpadu di sekolah menengah mampu meningkatkan kinerja dan hasil belajar siswa pada tingkat pendidikan menengah atas. Dengan singkat, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpadu di SMA memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyeluruh bagi siswa.
References
Angraini, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Jonggat Tahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 92–96. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1081
Artawan, I. K., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.46345
Dewi, P. R., Arnyana, I. B. P., & Maryam, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 177–187. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/18323
Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225
Humayra*, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 717–739. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013
Ningtyas, A. W., Aulia, A. S., & Rahmadhani, P. A. (2022). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 243. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12708
Saparini, S., Andriani, N., Supardi, & Pasaribu, A. (2022). Hambatan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelurahan Sukamoro. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1426
Sudiana, I. M., & Dari, N. P. S. R. U. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. SEMBIO: Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112617
Suryani, E. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(1), 36–44. https://doi.org/10.33627/gg.v1i1.102
Yuliani, H., Inayah Syar, N., Septiana, N., Rohmadi, M., Azizah, N., Anggara, D., Latriana Yuniarti, E., Tadris Fisika, P., Palangka Raya, I., Raya, P., Pgmi, P., & Tadris Biologi, P. (2021). Pengenalan Penggunaan Aplikasi Zoom pada Pembelajaran Daring Pelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Palangka Raya: Dampak Sikap Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 107–111. https://journal.kualitama.com/index.php/pelita
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anida Tri Nastiti, Nor Hidayah, Syubhan Annur, Yumna Iberahim, Muhammad Fuad Sya’ban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License