Kajian Literatur: Pembelajaran IPA Terpadu di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Anida Tri Nastiti Universitas Lambung Mangkurat
  • Nor Hidayah Universitas Lambung Mangkurat
  • Syubhan Annur Universitas Lambung Mangkurat
  • Yumna Iberahim Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Fuad Sya’ban Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25602

Keywords:

IPA Terpadu Pembelajaran Terpadu, Sekolah Menengah Pertama,Tinjauan Pustaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merinci literatur mengenai implementasi pembelajaran terpadu di sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif. Literatur review merupakan proses pencarian dan penelitian kepustakaan yang melibatkan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lain yang terkait dengan topik penelitian untuk menyusun artikel tentang subjek atau topik tertentu. Langkah-langkah penelitian mencakup pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian berasal dari artikel jurnal nasional yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terkumpul 10 artikel, beberapa di antaranya sesuai dengan judul topik penelitian. Dengan merujuk pada teori sebagai acuan, penerapan pembelajaran terpadu di sekolah menengah mampu meningkatkan kinerja dan hasil belajar siswa pada tingkat pendidikan menengah atas. Dengan singkat, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpadu di SMA memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyeluruh bagi siswa.

References

Angraini, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Jonggat Tahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 92–96. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1081

Artawan, I. K., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.46345

Dewi, P. R., Arnyana, I. B. P., & Maryam, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi Sets (Science Environment Technology And Society) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 177–187. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/18323

Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225

Humayra*, F., Sulastri, S., & Gani, A. (2022). Persepsi Pendidik terhadap Pembelajaran IPA secara Terpadu di SMP/MTs Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 717–739. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26013

Ningtyas, A. W., Aulia, A. S., & Rahmadhani, P. A. (2022). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 243. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12708

Saparini, S., Andriani, N., Supardi, & Pasaribu, A. (2022). Hambatan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelurahan Sukamoro. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1426

Sudiana, I. M., & Dari, N. P. S. R. U. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. SEMBIO: Seminar Nasional Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112617

Suryani, E. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(1), 36–44. https://doi.org/10.33627/gg.v1i1.102

Yuliani, H., Inayah Syar, N., Septiana, N., Rohmadi, M., Azizah, N., Anggara, D., Latriana Yuniarti, E., Tadris Fisika, P., Palangka Raya, I., Raya, P., Pgmi, P., & Tadris Biologi, P. (2021). Pengenalan Penggunaan Aplikasi Zoom pada Pembelajaran Daring Pelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Palangka Raya: Dampak Sikap Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 107–111. https://journal.kualitama.com/index.php/pelita

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Nastiti, A. T., Hidayah, N., Annur, S., Iberahim, Y., & Sya’ban, M. F. (2024). Kajian Literatur: Pembelajaran IPA Terpadu di Sekolah Menengah Pertama. Hamzanwadi Journal of Science Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25602