Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Pembelajaran Sains di Pulau Bakut Kabupaten Anjir Muara

Authors

  • Laily Diva Az Zahra Universitas Lambung Mangkurat
  • Mayka Lara Santi Universitas Lambung Mangkurat
  • Najwa Adhani Universitas Lambung Mangkurat
  • Siti Normalisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Syubhan Annur Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Fuad Sya’ban Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25603

Keywords:

Keanekaragaman hayati, pembelajaran sains, pulau bakut

Abstract

Pulau Bakut biasa dikenal dengan Taman Wisata Alam (TWA) adalah salah satu tempat cagar alam yang berada di Kalimantan Selatan. Tempat ini dijadikan sebagai habitat salah satu tipe ekosistem hutan mangrove. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi tingkat kekayaan hayati yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran sains di Pulau Bakut Kabupaten Anjir Muara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode mengumpulkan karya ilmiah terkait pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati, pendekatan pembelajaran lingkungan hidup, strategi pembelajaran dan Inovasi di Pulau Bakut Kabupaten Anjir Muara. Tujuan utamanya adalah untuk mengedukasi tentang konservasi, memperkenalkan ilmu pengetahuan langsung kepada siswa secara sains dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informasi mengenai penelitian didapat dari observasi sebagai teknik pengumpulan data terhadap objek-objek yang ada di taman wisata alam Kalimantan Selatan. Teknik deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode analisis data untuk penelitian. Obyek penelitian yang digunakan ialah Pulau Bakut, Kabupaten Anjir Muara. Artikel ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat kepada para guru, lembaga pendidikan serta pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki. Strategi dan pendekatan inovatif untuk memanfaatkan sumber daya alam ini sebagai sumber pembelajaran bermakna.

References

Abidin, N., Maturahmah, E., Hasan, H., & Muhammadiyah Manokwari, S. (2023). Seminar Nasional Pendidikan STKIP Muhammadiyah Manowari 2023 Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Muhammadiyah Manowari 2023, 1(1), 43–50.

Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 175–180. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463.

Laksono, A., Rusdi, M., & Sukmono, T. (2021). Pengembangan Modul Berpendekatan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematic pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Kreativitas. BIODIK, 7(3), 46–55. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13246.

Lisnaini, Fithria, A., & Rudi, G. S. (2020). Karakteristik Pohon Tempat Tidur (nightsleeping trees) Bekantan (Nasalis larvatus) di Taman Wisata Alam Pukau Bakut Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Sylva Scienteae , 3(4), 657–666.

Marselle, M. R., Lindley, S. J., Cook, P. A., & Bonn, A. (2021). Biodiversity and Health in the Urban Environment. Current Environmental Health Reports, 8, 146–156. https://doi.org/10.1007/s40572-021-00313-9.

Melati, A., & Muchamad, B. N. (2021). Stasiun Riset Bekantan pada Lahan Basah. Journal of Architecture, 10(1), 54–72.

Mispawati. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Manfaat Keanekaragaman Hayati Mata Pelajaran Biologi Melalui Pendekatan Inkuiri Kelas X MAN TembilahanTahun Pelajaran 2017/2018. INNOVATE: Research & Learning in Primary Education, 2(1), 615–618.

Nogué, S., Santos, A. M. C., John, H., Birks, B., Björck, S., Castilla-Beltrán, A., Connor, S., De Boer, E. J., De Nascimento, L., Felde, V. A., María Fernández-Palacios, J., Froyd, C. A., Haberle, S. G., Hooghiemstra, H., Ljung, K., Norder, S. J., Peñuelas, J., Prebble, M., Stevenson, J., … Steinbauer, M. J. (2021). The human dimension of biodiversity changes on islands. Science, 372, 488–491.

Shavira, A. P., Nurmiawati, M., & Santoso, A. M. (2021). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati Analysis of Learning Media Needs for High School Students on Biodiversity. Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 84–92.

Steibl, S., & Laforsch, C. (2019). Disentangling the Environmental Impact of Different Human Disturbances: a Case Study on Islands. Scientific Reports, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.1038/s41598-019-49555-6.

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19 I Made Ari Winangun. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi.

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Az Zahra, L. D., Santi, M. L., Adhani, N., Normalisa, S., Annur, S., & Sya’ban, M. F. (2024). Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Pembelajaran Sains di Pulau Bakut Kabupaten Anjir Muara. Hamzanwadi Journal of Science Education, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25603