Penerapan Pembelajaran Value Clarification Technique dalam Penguatan Karakter dan peningkatan hasil belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Laila Widiyasari Universitas Terbuka
  • Tarpin Juandi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25606

Keywords:

Hasil belajar, IPA, Karakter, Model VCT

Abstract

Lemahnya karakter dan rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan 30 siswa sebagai subjek penelitian. Sebanyak 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan berpartisipasi aktif selama proses penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian tes pilihan ganda. Sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 87% dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 100%. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 13% dari siklus I ke siklus II. Demikian juga pada penguatan karakter siswa, pada siklus I karakter yang menonjol hanya rasa percaya diri dan sungguh-sungguh kemudian lebih menguat dan berkembang pada siklus II menjadi rasa percaya diri, sungguh-sungguh, jujur, sopan santun, dan bertanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model VCT dapat menguatkan dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, penerapan model VCT dapat dilakukan pada skala lebih luas dan satuan pendidikan lebih tinggi.

References

Adams, D., Chuah, K. M., Sumintono, B., & Mohamed, A. (2022). Students’ readiness for e-learning during the COVID-19 pandemic in a South-East Asian university: a Rasch analysis. Asian Education and Development Studies, 11(2), 324–339. https://doi.org/10.1108/AEDS-05-2020-0100

Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di SMP negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Blomm (L. W. Anderson & D. R. Krathwohl (eds.)). Pustaka Pelajar.

Bagasta, A. R., Rahmawati, D., M, D. M. F. Y., Wahyuni, I. P., & Prayitno, B. A. (2018). Profil kemampuan literasi sains peserta didik di salah satu SMA negeri Kota Sragen. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 121–129. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1551

Chee Choy, S., Yim, J. S. C., & Sedhu, D. S. (2019). Pre-service teachers’ reflection on reflective practices: A Malaysian perspective. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 18–26. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071903

Dahar, R. W. (1996). Teori-Teori Belajar. Erlangga.

Dinata, T. P., & Reinita, R. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189–1202. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/584

Eberlein, T., Kampmeier, J., Minderhout, V., Moog, R. S., Platt, T., Varma-Nelson, P., & White, H. B. (2008). Pedagogies of engagement in science. Biochemistry and Molecular Biology Education, 36(4), 262–273. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/bmb.20204

Ermawati, E., Sofiarini, A., & Valen, A. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3541–3550. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372

Hidayati, B. N. (2023). The Value Clarification Technique Learning Model Improves the Character of Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 7(2), 319–327. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.58502

Hung, J. F., & Tsai, C. Y. (2020). The effects of a virtual laboratory and meta-cognitive scaffolding on students’ data modeling competences. Journal of Baltic Science Education, 19(6), 923–939. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.923

Jaya, H., Sabran, Idris, M. M., Djawad, Y. A., Ilham, A., & Ahmar, A. S. (2018). Kecerdasan Buatan (1st ed.). Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Leung, J. S. C. (2022). A Practice-Based Approach to Learning Nature of Science through Socioscientific Issues. Research in Science Education, 52(1), 259–285. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09942-w

Mariana, I. M. ., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenanga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231–2238. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5914 ISSN

Muhammad, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/614

Ndjangala, M. N. N., Abah, J., & Mashebe, P. (2021). Teachers’ views on challenges affecting learners’ performance in natural science. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 48–56. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20732

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2014). Educational Assessment of Students: Sixth Edition. In Pearson New International Edition. United States of America: Pearson Education.

Nurfurqon, F. F., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2022). The Effect of The Value Clarification Technology Model on Elementary School Students’ Learning Motivation in Social Studies Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 2556–2564. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2385

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Trihartoto, A., & Indarini, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar Tipe Jigsaw. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 117–124.

Urquidi-Martín, A. C., Tamarit-Aznar, C., & Sánchez-García, J. (2019). Determinants of the effectiveness of using renewable resource management-based simulations in the development of critical thinking: An application of the experiential learning theory. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 19). https://doi.org/10.3390/su11195469

Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 89–94.

Wibowo, N. Z., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3792–3800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2732

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Yilmaz, R. (2020). Enhancing community of inquiry and reflective thinking skills of undergraduates through using learning analytics-based process feedback. Journal of Computer Assisted Learning, 2020, 1–13. https://doi.org/DOI: 10.1111/jcal.12449

Zhumabayeva, A., Nurshanova, S., Zhumabayeva, Z., Ospankulov, Y., Bazarbekova, R., & Stambekova, A. (2023). Analysis of Prospective Primary School Teachers’ Attitudes towards Mobile Learning Tools and Acceptance of Mobile Learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 11(3), 728–743. https://doi.org/10.46328/ijemst.3322

Downloads

Published

2024-02-10

How to Cite

Widiyasari, L., & Juandi, T. (2024). Penerapan Pembelajaran Value Clarification Technique dalam Penguatan Karakter dan peningkatan hasil belajar Siswa Sekolah Dasar . Hamzanwadi Journal of Science Education, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.29408/hijase.v1i1.25606