Efektivitas Video Animasi Kartun 3D dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Mitigasi Bencana
DOI:
https://doi.org/10.29408/hijase.v2i2.31214Keywords:
Animasi Kartun 3D, Artificial Intellegence, Mitigasi Bencana, Media PembelajaranAbstract
Materi kebencanaan mengalami permasalahan berupa rendahnya minat belajar siswa karena dinilai abstrak dan kurang menarik ketika disampaikan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan video animasi kartun 3D dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada materi mitigasi bencana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berangkat dari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experiment. Lokasi penelitian ini Adalah SDN 1 Glora, Sikur. Sampel penelitian Adalah siswa kelas IV. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengukur perubahan minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data penelitian menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan minat belajar siswa pada pelajaran IPA materi mitigasi bencana gempa bumi. Aspek-aspek minat belajar yang mengalami peningkatan meliputi perhatian, ketertarikan, keterlibatan aktif, dan keingintahuan terhadap materi. Penyajian materi melalui video animasi 3D yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami terbukti mampu membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk terlibat lebih aktif. Dengan demikian, media video animasi kartun 3D dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada topik-topik yang kompleks seperti mitigasi bencana.
References
Aditya, D. T., & Anggali, N. N. (2024). Perancangan Video Animasi Menghadapi Bencana Banjir Untuk Anak Usia 6—8 Tahun. Jurnal Desgrafia, 2(1), 100–114.
Bar, H. A., Zuhrie, M. S., Wiyono, A., & Achmad, F. (2025). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Mitigasi Bencana Tsunami Untuk Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa Teknik Elektro. AL-IRSYAD: Journal of Education Science, 4(2), 201–213.
Hidayat, U., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.16143
Hidiyah, T. M., Sumarmi, S., Bachri, S., & Mkumbachi, R. L. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Geosapasial dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Mitigasi Bencana Tsunami. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 9(2), 115–126. https://doi.org/10.18860/jpips.v9i2.20993
Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1974
Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940
Olliem, G. F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Edukasi Terhadap Minat Belajar Anak SD. VICIDI, 14(2), 219–236.
Prawitasari, N. R. N., & Budiyanto, A. W. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Animasi Gunung Berapi Dalam Pembelajaran Sains Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(2), 73–76.
Prayogi, S. F., & Hendarto. (2024). Eksperimen Alat Peraga Pendidikan Tentang Gempa Bumi dan Mitigasinya untuk Anak Sekolah Dasar Dengan Fitur Augmented Reality (AR). Jurnal Desain Indonesia, 6(1), 112–124.
Solehah, R. A., Anggarasari, N. H., & Kh, E. F. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Edukasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Pada AUD. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 8(1), 5–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/71673%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/download/71673/27568
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Qusyairi, Suci Nirmala, Zul Hidayatullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License