Efektivitas Video Animasi Kartun 3D dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Mitigasi Bencana

Authors

  • Muhammad Qusyairi Universitas Hamzanwadi
  • Suci Nirmala Universitas Hamzanwadi
  • Zul Hidayatullah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/hijase.v2i2.31214

Keywords:

Animasi Kartun 3D, Artificial Intellegence, Mitigasi Bencana, Media Pembelajaran

Abstract

Materi kebencanaan mengalami permasalahan berupa rendahnya minat belajar siswa karena dinilai abstrak dan kurang menarik ketika disampaikan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan video animasi kartun 3D dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada materi mitigasi bencana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berangkat dari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experiment. Lokasi penelitian ini Adalah SDN 1 Glora, Sikur. Sampel penelitian Adalah siswa kelas IV.  Instrumen penelitian berupa angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengukur perubahan minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data penelitian menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan minat belajar siswa pada pelajaran IPA materi mitigasi bencana gempa bumi. Aspek-aspek minat belajar yang mengalami peningkatan meliputi perhatian, ketertarikan, keterlibatan aktif, dan keingintahuan terhadap materi. Penyajian materi melalui video animasi 3D yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami terbukti mampu membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk terlibat lebih aktif. Dengan demikian, media video animasi kartun 3D dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada topik-topik yang kompleks seperti mitigasi bencana.

References

Aditya, D. T., & Anggali, N. N. (2024). Perancangan Video Animasi Menghadapi Bencana Banjir Untuk Anak Usia 6—8 Tahun. Jurnal Desgrafia, 2(1), 100–114.

Bar, H. A., Zuhrie, M. S., Wiyono, A., & Achmad, F. (2025). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Mitigasi Bencana Tsunami Untuk Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa Teknik Elektro. AL-IRSYAD: Journal of Education Science, 4(2), 201–213.

Hidayat, U., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.16143

Hidiyah, T. M., Sumarmi, S., Bachri, S., & Mkumbachi, R. L. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Geosapasial dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Mitigasi Bencana Tsunami. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 9(2), 115–126. https://doi.org/10.18860/jpips.v9i2.20993

Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan Model Simulasi Tentang Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1974

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940

Olliem, G. F. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Edukasi Terhadap Minat Belajar Anak SD. VICIDI, 14(2), 219–236.

Prawitasari, N. R. N., & Budiyanto, A. W. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Animasi Gunung Berapi Dalam Pembelajaran Sains Bagi Penyandang Disabilitas Intelektual. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(2), 73–76.

Prayogi, S. F., & Hendarto. (2024). Eksperimen Alat Peraga Pendidikan Tentang Gempa Bumi dan Mitigasinya untuk Anak Sekolah Dasar Dengan Fitur Augmented Reality (AR). Jurnal Desain Indonesia, 6(1), 112–124.

Solehah, R. A., Anggarasari, N. H., & Kh, E. F. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Edukasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Pada AUD. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 8(1), 5–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/71673%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/download/71673/27568

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Qusyairi, M., Nirmala, S., & Hidayatullah, Z. (2025). Efektivitas Video Animasi Kartun 3D dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Mitigasi Bencana. Hamzanwadi Journal of Science Education, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.29408/hijase.v2i2.31214