Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Keywords:
Media pembelajaran, Poster, Canva, Pencemaran lingkungan, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster menggunakan aplikasi Canva pada materi pencemaran lingkungan di jenjang sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih dominannya penggunaan metode konvensional dan kurangnya media visual yang menarik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada topik-topik yang berkaitan dengan isu lingkungan. Padahal, pencemaran lingkungan merupakan materi kontekstual yang menuntut penyajian visual agar lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba terdiri dari guru dan siswa kelas V sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media poster yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan poster dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep pencemaran lingkungan. Dengan demikian, media poster berbasis Canva dinilai efektif dan inovatif sebagai alternatif media pembelajaran visual yang mudah dibuat, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Canva secara lebih luas dalam pengembangan media pembelajaran lainnya yang berbasis digital dan visual.
References
Aspahani, E. L., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 158–167. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25458
Ayuni, V. S., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan Media Poster Pelestarian Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Tema 6 Subtema 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–14.
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88
Nurfadhillah, S., Pertiwi, D., Pratiwi, D. I., Dewi, E. P., Saidah, M., & Nurhaliza, S. (2021). Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajaran IPA Kelas IVB SD Negeri Cikokol 3. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 313–322. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di SDN Sarakan II Tangerang. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nurpatia, & Utami, A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MIS Al-Irsyadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(2), 64–71.
Sardi, N., Saleh, K., & Salmitha, L. (2021). Efektivitas Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Ma’arif NU 003 Samarinda. Borneo Jounal of Science and Mathematics Education, 1(3), 125–133. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/index
Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. ANSIRU PAI: Jurnal Pengembangan Profesi Guru PAI, 7(2), 438–449.
Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68
Sulistyono, Y. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Varia Pendidikan, 27(2), 208–215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nunung Ariandani, Ria Oktavia, Raodatul Rozita Bahar, Najihan Najihan, Alvina Hidayanti, Hilda Fitri Nawansi, Rika Seftiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License