Analisis Akurasi Volume Dan Efisiensi Pengisian Bulayak Khas Lombok Berdasarkan Konsep Fisika Volume Dan Dimensi
Keywords:
Bulayak, Etnofisika, Konsep Fisika, Lombok, VolumeAbstract
Bulayak adalah struktur tradisional yang dibuat dari anyaman daun Enau. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi akurasi pengukuran volume Bulayak, memperkirakan isian volume beras untuk menghasilkan Bulayak yang bagus serta menyelidiki fenomena fenomena fisika yang berlaku dalam proses pembuatan anyaman Bulayak. Objek dari penelitian ini berupa Bulayak. Pendekatan Kualitatif dengan metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif untuk dapat memperkirakan volume anyaman maupun volume beras yang tepat untuk mengisi anyaman Bulayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume Bulayak adalah sebuah anyaman yang dipengaruhi oleh berbagai parameter fisik, baik dari tekstur material maupun teknik penganyaman. Beberapa fenomena Fisika juga terdapat dalam pembuatan anyaman Bulayak. Diantaranya yakni mekanika struktur, sifat material, torsi serta ruang dan dimensi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa efisiensi pengisian Bulayak, dengan persentase pengisian optimal berkisar antara 59% hingga 63% untuk menghasilkan Bulayak yang sempurna. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengembangkan model kuantitatif yang lebih presisi guna memprediksi volume Bulayak dengan lebih akurat berdasarkan parameter-parameter fisik yang telah diidentifikasi dalam studi ini.
References
Abbas, M, L, H & Zamrotin S, M. (2024). Kajian Etnofisika Tari Lenggang Kencana Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak dan Gaya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13(3). https://jpf.jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/52685.
Afifa, J, I., Siregar, M., Agustin, R., Lubis, N, A., & Nurmasyitah. (2023). Kajian Konsep Fisika Berbasis Etnofisika Pada Alat Tradisional Sumatera Utara Panggilingan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 20-26.
Dockter, J., Karsner, D., & Hodis, S. (2023). Metode Cakram (Definisi, Rumus & Contoh). Diakses pada 5 Juli 2025, dari https://study.com/academy/lesson/disk-method-in-calculus-formula-examples.html.
Fajri, D, L. (2022). Memahami Rumus Volume Silinder dan Contoh Soal. Diakses pada 4 Juli 2025, dari https://katadata.co.id/berita/nasional/6347d7231bab7/memahami-rumus-volume-silinder-dan-contoh-soal.
Fitriani., Irmayanti., Nurjannah., & Sudarmin. (2024). Kalkulus Integral. Purwokerto: Penerbit Pena Persada. Tersedia di http://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1376/1/BUK U%20KALKULUS%20INTEGRAL.pdf.
Hermawan, F. W. (2022). Filosofi di Balik Sate Bulayak. Diakses pada 5 Juni 2025, dari https://www.infopublik.id/kategori/sorot-sosial-budaya/605930/filosofi-di-balik-sate-Bulayak.
Heryansyah, T, R. (2025). Rumus Volume Tabung, Luas Permukaan & Keliling Alas (Matematika Kelas 9). Diakses pada 4 Juli 2025, dari https://www.ruangguru .com/blog/cara-menghitung-volume-dan-luas-permukaan-tabung.
Kurniawan, A., Hirsan, F, P., Yuniarman, A., & Sukuryadi. (2023). Sebaran Potensi Wisata Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 359-369. https://doi.org/10.31764/geograph y.v11i2.15658.
Lumbangaol, S, T, P., Marbun, J., & Sijabat, A. (2024). Kajian Etnofisika Pada Pembuatan Gerabah Langkat Sumatera Utara. Pendipa Journal Of Science Education, 8(2), 277-283. https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/download/35787/15053/111253.
Nugroho, M, S., & Suteja, I, W. (2018). Eksplorasi Potensi Pulau Lombok Sebagai Destinasi Wisata Halal di Nusa Tenggara Barat. Media Bina Ilmiah, 3(7), 1337-1342. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/210.
Nurmasyitah., Virnalita., & Lubis N, A. (2022). Kajian Etnofisika Konsep Gerak Parabola Pada Permainan Tradisional Aceh Geulengkue Teu Peu Pou. Jurnal Penndidikan Fisika, 10(2), 245-258.
Pawaid, A., Natagama, A, B., Wirawan, F, A., Yahya, N, A., & Saputri, S,K. (2019). Makalah Pengolahan Makanan Khas Lombok Sate Bulayak. Tersedia di https://www.scrib d.com/document/429466249/Sate-Bulayak.
Pindayu, B., Bagistra, I, K., & Bratayasa, I, W. (2024). Strategi Promosi Makanan Suku Sasak Sebagai Daya Tarik Wisata Di Pulau Lombok. Journal Of Responsible Tourism, 3(3),1159-1163. https://ejournal.stpmataram.ac.id/JRT/article/view/3173/2517.
Putra, G, R., Afwani, R., & Anjarwani, S,E. (2022). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Wisata Alam Dengan Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Mobile (Studi Kasus: Lombok). Jurnal Detika Dialektika Imformatika, 3(1), 32-40. https://jurnal.umk.ac.i d/index.php/detika/article/view/9627.
Putra, I, G, B, W., Wirawan, S., & Rai, I, A, K. (2024). Potensi Kuliner Lokal Dalam Menarik Kedatangan Wisatawan Di Pulau Lombok. Jurnal Pariwisata Budaya dan Keagamaan, 3(1), 323-335. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/pyt/article/view/1676/828.
Setiawan, Anton. (2020). Gurih Pedas Satai Bulayak Khas Sasak. Diakses pada 4 Juli 2025, dari https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/2168/gurih-pedas-satai-bulayak-khas-sasak?lang=1.
Simanjuntak, Pinondang. (2023). Buku Materi Pembelajaran Statika dan Mekanika Struktur. Universitas Kristen Indonesia. Tersedia di http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13604
Sofyan, B,T. (2021). Pengantar Material Teknik Edisi II. Universitas Pertahanan Republik Indonesia Press. Tersedia di https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=C7sdEQA AQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=%22sifat+material%22&ots=5mmbsleZ01&sig=AMpTbU_BBXsFnFFT1bXWv7fst1c&redir_esc=y#v=onepage&q=%22sifat%20material%22&f=fal se
Zaky, M. F. (2022). Penerapan Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari. Tersedia di https://www.kompasiana.com/muhammadfaiqzakyj7880/61d31b49166717670f195354/penerapan-fisika-dalam-kehidupan-sehari-hari
Ziliwu, I, N., & Zalukhu, A, E. (2024). Analisis Dinamika Rotasi Dalam Sistem Fisik dan Aplikasinya. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 1(3), 50-55. https://doi.org /10.70134/identik.v1i3.107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Hasna Ardini, Baiq Aryani Novianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License