Konsep Fisika Pada Proses Menenun Kain Ikat Pringgasela Lombok
Keywords:
Etnofisika, Konsep Fisika, Kain Ikat Pringgasela, Proses MenenunAbstract
Pringgasela dikenal dengan tenun ikat tradisionalnya yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat Suku Sasak. Aktivitas menenun ini ternyata mengandung berbagai prinsip fisika, sehingga berpotensi menjadi media pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan pembelajaran fisika lebih relevan dan bermakna dengan mengidentifikasi serta menganalisis konsep-konsep fisika yang secara alami diterapkan dalam proses menenun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses menenun kain ikat di Desa Pringgasela, Lombok Timur, serta wawancara mendalam dengan para penenun tradisional. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menemukan keterkaitan antara aktivitas menenun dan konsep-konsep fisika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip fisika diterapkan secara alami dalam setiap tahap proses menenun. Konsep-konsep seperti tegangan, tekanan, gaya gesek, elastisitas, dan kestabilan tampak dalam kegiatan menarik benang, mengatur kerapatan tenunan, serta menjaga ketegangan alat tenun. Praktik menenun ini telah diwariskan secara turun-temurun, menunjukkan adanya pemahaman praktis tentang prinsip fisika dalam budaya lokal. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan menenun dapat dijadikan media pembelajaran berbasis etnofisika. Dengan mengintegrasikan konsep fisika ke dalam konteks budaya lokal, peserta didik dapat belajar secara lebih kontekstual dan bermakna. Pendekatan etnofisika ini tidak hanya memperkaya proses pembelajaran fisika, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian kearifan lokal masyarakat Pringgasela.
References
Aminuddin, M. (2017). Etnosains: Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Z. (2020). Prinsip-Prinsip Fisika dalam Pembuatan Kain Tradisional. Jakarta: PT. Pustaka Ilmu.
Azima, P. (2025, April 30). Tenun Pringgasela Simbol Filosofis Masyarakat Adat Sasak. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). https://aman.or.id/story/77
Farida, N. (2022). Kain Tradisional Nusantara: Simbol Budaya dan Teknologi Lokal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed.). Wiley.
Kroemer, K. H. E., & Grandjean, E. (1997). Fitting the Task to the Human: A Textbook of Occupational Ergonomics (5th ed.). Taylor & Francis.
Utami, M. L. (2024). Gali keindahan tenun sasak, kain tradisional khas nusa tenggara barat. Good News. Diakses pada 23 mei 2025, dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/11/13/menggali-keindahan-tenun-sasak-kain-tradisional-khas-nusa-tenggara-barat.
Mulyani, T., & Hidayat, R. (2019). Fisika Terapan dalam Industri Kain Tenun. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.
Hanandita, N. T (2023). Mengenal kain tenun khas desa sade;sejarah,proses,dan motif,-detikbali. Diakses pada 23 mei 2025, Dari https://www.detik.com/bali/nusra/d-6720765/mengenal-kain-tenun-khas-desa-sade-sejarah-proses-dan-motif/amp
Nugraha, Y. E., & Utami, S. E. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Tenun Ikat Melalui Inovasi Masker Tenun Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.114
Nurhayati, D. (2019). Pemahaman Konsep Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari pada Pembelajaran IPA Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika "Saintek", 11(1), 12–18.
Putra, I. N. D. (2018). Kebudayaan Suku Sasak di Lombok: Sebuah Kajian Antropologi Budaya. Yogyakarta: Ombak.
Rahmawati, Y. (2020). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Sains di Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.
Ratnasari, W. P. (2022). Industri Budaya dan Komoditas (Studi Kasus Tenun Tradisional Nusa Tenggara Barat). Jurnal Kommunity Online, 3(2), 201–218.
Sabilirrosyad. (2016). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara dan Implikasinya untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49–65).
Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2010). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (8th ed.). Brooks/Cole.
Setiawan, D. (2017). Mekanika Bahan dan Aplikasinya pada Industri Tenun Tradisional. Surabaya: Penerbit Universitas Airlangga.
Suyono, H. (2019). Fisika dalam Budaya: Studi Kasus Peralatan Tradisional Indonesia. Surabaya: Penerbit Unesa Press.
Tipler, P. A., & Mosca, G. (2008). Physics for Scientists and Engineers (6th ed.). W.H. Freeman and Company.
Wulandari, D., & Putra, H. R. (2021). Fisika dalam Konteks Budaya: Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alpi Sapitri, Khaerus Syahidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License