Konsep Fisika Pada Proses Menenun Kain Ikat Pringgasela Lombok

Authors

  • Alpi Sapitri Universitas hamzanwadi
  • Khaerus Syahidi Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Etnofisika, Konsep Fisika, Kain Ikat Pringgasela, Proses Menenun

Abstract

Pringgasela dikenal dengan tenun ikat tradisionalnya yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat Suku Sasak. Aktivitas menenun ini ternyata mengandung berbagai prinsip fisika, sehingga berpotensi menjadi media pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan pembelajaran fisika lebih relevan dan bermakna dengan mengidentifikasi serta menganalisis konsep-konsep fisika yang secara alami diterapkan dalam proses menenun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses menenun kain ikat di Desa Pringgasela, Lombok Timur, serta wawancara mendalam dengan para penenun tradisional. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menemukan keterkaitan antara aktivitas menenun dan konsep-konsep fisika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip fisika diterapkan secara alami dalam setiap tahap proses menenun. Konsep-konsep seperti tegangan, tekanan, gaya gesek, elastisitas, dan kestabilan tampak dalam kegiatan menarik benang, mengatur kerapatan tenunan, serta menjaga ketegangan alat tenun. Praktik menenun ini telah diwariskan secara turun-temurun, menunjukkan adanya pemahaman praktis tentang prinsip fisika dalam budaya lokal. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan menenun dapat dijadikan media pembelajaran berbasis etnofisika. Dengan mengintegrasikan konsep fisika ke dalam konteks budaya lokal, peserta didik dapat belajar secara lebih kontekstual dan bermakna. Pendekatan etnofisika ini tidak hanya memperkaya proses pembelajaran fisika, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian kearifan lokal masyarakat Pringgasela.

References

Aminuddin, M. (2017). Etnosains: Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2020). Prinsip-Prinsip Fisika dalam Pembuatan Kain Tradisional. Jakarta: PT. Pustaka Ilmu.

Azima, P. (2025, April 30). Tenun Pringgasela Simbol Filosofis Masyarakat Adat Sasak. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). https://aman.or.id/story/77

Farida, N. (2022). Kain Tradisional Nusantara: Simbol Budaya dan Teknologi Lokal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics (10th ed.). Wiley.

Kroemer, K. H. E., & Grandjean, E. (1997). Fitting the Task to the Human: A Textbook of Occupational Ergonomics (5th ed.). Taylor & Francis.

Utami, M. L. (2024). Gali keindahan tenun sasak, kain tradisional khas nusa tenggara barat. Good News. Diakses pada 23 mei 2025, dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/11/13/menggali-keindahan-tenun-sasak-kain-tradisional-khas-nusa-tenggara-barat.

Mulyani, T., & Hidayat, R. (2019). Fisika Terapan dalam Industri Kain Tenun. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Hanandita, N. T (2023). Mengenal kain tenun khas desa sade;sejarah,proses,dan motif,-detikbali. Diakses pada 23 mei 2025, Dari https://www.detik.com/bali/nusra/d-6720765/mengenal-kain-tenun-khas-desa-sade-sejarah-proses-dan-motif/amp

Nugraha, Y. E., & Utami, S. E. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Tenun Ikat Melalui Inovasi Masker Tenun Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.114

Nurhayati, D. (2019). Pemahaman Konsep Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-hari pada Pembelajaran IPA Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika "Saintek", 11(1), 12–18.

Putra, I. N. D. (2018). Kebudayaan Suku Sasak di Lombok: Sebuah Kajian Antropologi Budaya. Yogyakarta: Ombak.

Rahmawati, Y. (2020). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Sains di Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Ratnasari, W. P. (2022). Industri Budaya dan Komoditas (Studi Kasus Tenun Tradisional Nusa Tenggara Barat). Jurnal Kommunity Online, 3(2), 201–218.

Sabilirrosyad. (2016). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara dan Implikasinya untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49–65).

Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2010). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (8th ed.). Brooks/Cole.

Setiawan, D. (2017). Mekanika Bahan dan Aplikasinya pada Industri Tenun Tradisional. Surabaya: Penerbit Universitas Airlangga.

Suyono, H. (2019). Fisika dalam Budaya: Studi Kasus Peralatan Tradisional Indonesia. Surabaya: Penerbit Unesa Press.

Tipler, P. A., & Mosca, G. (2008). Physics for Scientists and Engineers (6th ed.). W.H. Freeman and Company.

Wulandari, D., & Putra, H. R. (2021). Fisika dalam Konteks Budaya: Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Sapitri, A., & Syahidi, K. (2025). Konsep Fisika Pada Proses Menenun Kain Ikat Pringgasela Lombok. Hamzanwadi Journal of Science Education, 2(2), 26–34. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/hijase/article/view/31438