Analisis Fenomena Fisika Pada Presean Sebagai Budaya Lombok
Keywords:
Budaya, Etnofisika, Fenomena Fisika, Lombok, PreseanAbstract
Presean adalah sebuah tradisi budaya masyarakat Sasak di Lombok yang menampilkan pertarungan antara dua pria menggunakan penjalin (rotan) dan ende (tameng). Tradisi ini tidak hanya menarik dari sisi budaya, tetapi juga menyimpan berbagai fenomena fisika seperti gaya, impuls, dan energi. Penelitian ini bertujuan mengungkap fenomena-fenomena fisika pada presean sebagai budaya Lombok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisis konsep-konsep fisika yang terkandung dalam tradisi ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa aktivitas presean menerapkan prinsip-prinsip fisika, seperti konsep impuls, momentum, dan gaya dalam interaksi penjalin dan ende, serta konversi energi dari gerakan para pepadu. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa presean merupakan laboratorium alami yang kaya akan aplikasi konsep-konsep fisika seperti konsep impuls, momentum, gaya, dan energi serta dapat menjadi media pembelajaran kontekstual yang menghubungkan ilmu fisika dengan budaya lokal.
References
Abdullah, R., & Wahyudi, R. (2022). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran Fisika Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 1-10.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Cutnell, J. D., & Johnson, K. W. (2019). Physics. John Wiley & Sons. Fitriani, A., & Susilawati, A. (2023). Analisis Konsep Fisika pada Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Etnofisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 25-35.
Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures: Selected Essays. Basic Books. Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics. John Wiley & Sons.
Knight, R. D. (2017). Physics for Scientists and Engineers: A Strategic Approach. Pearson.
Kurniawan, B. (2018). Makna Simbolis dalam Ritual Presean Masyarakat Sasak. Jurnal Antropologi Indonesia, 42(2), 123-135.
Lestari, R., & Santoso, B. (2021). Etnofisika sebagai Pendekatan dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 10(1), 1-12. Putra,
N. E., & Haryadi, R. (2021). Kajian Fisika pada Gerakan Bela Diri Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2(1), 101-108.
Pearson. Hadi, S. (2017). Presean: Pertarungan Tradisional Masyarakat Sasak. Lombok Cultural Press.
Rohman, J., & Aziz, A. (2021). Nilai-nilai Karakter dalam Tradisi Presean sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 30-40.
Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2018). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics. Cengage Learning.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi. (2010). Presean: Simbol Keberanian dan Kehormatan Sasak. Jurnal Budaya Nusantara, 5(2), 45-58.
Sutawijaya, A. (2020). Etnofisika dalam Konteks Pembelajaran Sains. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tipler, P. A., & Mosca, G. (2008). Physics for Scientists and Engineers. W. H. Freeman and Company.
Wijaya, M., & Putri, A. N. (2020). Presean sebagai Warisan Budaya Takbenda di Lombok. Jurnal Kajian Budaya, 10(1), 55-68.
Wulandari, D., & Setiawan, B. (2019). Analisis Bentuk dan Fungsi Alat Presean dalam Konteks Budaya Sasak. Jurnal Seni dan Desain, 4(1), 1-10.
Young, H. D., & Freedman, R. A (2020). University Physics with Modern Physics. Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rauhun, Tsamarul Hizbi, Tarpin Juandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Hamzanwadi Journal of Science Education must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Hamzanwadi Journal of Science Education provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Hamzanwadi Journal of Science Education can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Hamzanwadi Journal of Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License