Rancang Bangun Media Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.29408/jit.v6i1.7292Keywords:
Android, learning, adobecs6, Media, TeacherAbstract
The impact of the Covid-19 pandemic in the education sector is getting children used to using smartphones. Smartphones during a pandemic helped teachers deliver learning materials and became one of the learning media during the pandemic. Smartphones help teachers and students in the learning process during a pandemic. Learning media is a tool in the learning process. Learning helps teachers convey information in more interesting way. Current technological developments really help many people at work. In the education sector, technology can help in making learning media more interesting, for example by using the PowerPoint application in learning. This learning is made with an Android-based platform. Android-based learning media is learning media in the form of applications that are installed on smartphones and can be accessed directly by students. This Android-based learning media was developed using a prototyping model approach with the Adobe CS6 application. one of the functions of smartphones for teachers and students is as a learning medium. The benefits of Android-based learning media are that students can access it anywhere and anytime and support self-taught learning.
References
Arif Akbarul Huda. (2013). Live Coding 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Aswir Prasetio. (2013). Smart Way To The Grammar. Jakarta:Dunia Cerdas.
Al Fattah. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta. Penerbit Andi
Amalia Ima Nurjana. (2015). Pengembangan Multimedia interaktif Mata Pelajaran
Aris dan Lalu. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android untuk Kelas Vii Madrasahh Tsanawiyah Nahdatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa. Jurnal Informatika dan Teknologi. 2019. Vol, 2 No. 2. E-ISSN 2614-8773.
Eko dkk. Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo Vol. 16 No. 1 Tahun 2022. ISSN:2615-224X
Herlinda. 2018. Pengaruh Media Animasi Berbasis Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Plantae. Artikel Universitas Tanjungpura Pontianak.
Hujair AH. Sanaky.2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Hussain, I.S. Linking Knowledge and Industry Needs Through Problem- Based Learning in Power Electronicd Course. IEEE. pp. 16-21
Iful, Amri. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Untuk Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, vol 2, No 1.
Indra & Ari. Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android dengan Metode Co-Crea ARGBL. Jurnal Media Informatika Budidarma. Vol.6 No.2 ISSN:2614-5278
Sulistyorini & Agung. Pengembangan Media Pembelajaran IsPring Suite 10 Berbasis Android pada Materi Penyesuaian di SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.4 No.2 Tahun 2022.
Tio dan M. Adri. Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. Jurnal Invotek. Vol 7 No 4 2019. E-ISNN 2302-3295
Sonya dan Heswari. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol.2 No.8 Tahun 2022.
Yahya dan Amir. Pengaruh Penerapan Media Interaktif Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di MTs. NW Ketangga Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Informatika dan Teknologi. 2022. Vol. 5 No.1
Aris Sudianto and L. M. Samsu, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa,” vol. 2, no. 2, pp. 5–10, 2019.
A. Sudianto and H. Ahmadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel Vinensi Motor Berbasis Web Guna Meningkatkan Penjualan dan Promosi Produk Pendahuluan Vinensi sepeda motor motor,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 32–39, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Jurnal Infotek memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Infotek ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisense creative commons yang digunakan.Jurnal Infotek is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statistik Pengunjung