HUBUNGAN MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ahmad Qadri SMPN 2 Pringgabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.18037

Abstract

Minat membaca karya sastra pada siswa SMPN 2 PRINGGABAYA masih rendah,hal ini dibuktikan dengan belum adanya karya-karya tulis khususnya karya sastra yang dapat diciptakan oleh siswa dalam bentuk mading. Tujuan penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui minat membaca karya sastra siswa; 2) untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis puisi siswa; dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat membaca karya sastra dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan dua variabel atau lebih. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik korelatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 118 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII A.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil angket minat membaca karya sastra yang diberikan kepada siswa kelas VIII menunjukkan bahwa jumlah skor yang dicapai oleh 27 siswa adalah 1681 dengan skor rata-rata 62,25 dengan kategori sedang. Dari 27 sampel tersebut, terdapat 5 orang berkategori tinggi, 13 dengan kategori sedang, dan 9 siswa dengan kategori rendah. 2) Hasil pengukuran kemampuan menulis puisi pada siswa menunjukkan bahwa skor total yang dicapai oleh 27 siswa adalah 1891 dengan skor rata-rata 70,03 dengan kategori sedang. Dari 27 sampel tersebut, terdapat 5 siswa berkategori tinggi, 13 siswa berategori sedang, dan 9 siswa berkategori rendah. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca karya sastra dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistic product moment, dengan hasil nilai r-hitung yaitu 0,998. Harga r-tabel untuk n=27 adalah 0,388. Jadi, r-hitung > rtabel (0,998 > 0,388). Kata kunci: Minat Membaca Karya Sastra, Kemampuan Menulis Puisi

References

Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif ; Komunikasi,Ekonomi, dan Kebijakan Publik

Serta Ilmu-Ilmu Sosal Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa ; Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka

Cipta

Chulsum Umi dan Windi Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : KashikoDantes,

Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset

Pradopo Djoko Rachmat. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University

Press Kasiram, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. UIN-Maliki

Press: MalangMohzana. 2006. Diktat Pengantar Statistik Pendidikan. STKIP Hamzanwadi: Selong

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik ;Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tampubolon.1993. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Membaca; Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Qadri, A. (2023). HUBUNGAN MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Journal of Lombok Studies, 1(2), 118–133. https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.18037