HUBUNGAN MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.18037Abstract
Minat membaca karya sastra pada siswa SMPN 2 PRINGGABAYA masih rendah,hal ini dibuktikan dengan belum adanya karya-karya tulis khususnya karya sastra yang dapat diciptakan oleh siswa dalam bentuk mading. Tujuan penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui minat membaca karya sastra siswa; 2) untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis puisi siswa; dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat membaca karya sastra dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan dua variabel atau lebih. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik korelatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 118 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII A.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil angket minat membaca karya sastra yang diberikan kepada siswa kelas VIII menunjukkan bahwa jumlah skor yang dicapai oleh 27 siswa adalah 1681 dengan skor rata-rata 62,25 dengan kategori sedang. Dari 27 sampel tersebut, terdapat 5 orang berkategori tinggi, 13 dengan kategori sedang, dan 9 siswa dengan kategori rendah. 2) Hasil pengukuran kemampuan menulis puisi pada siswa menunjukkan bahwa skor total yang dicapai oleh 27 siswa adalah 1891 dengan skor rata-rata 70,03 dengan kategori sedang. Dari 27 sampel tersebut, terdapat 5 siswa berkategori tinggi, 13 siswa berategori sedang, dan 9 siswa berkategori rendah. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca karya sastra dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMPN 2 PRINGGABAYA tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistic product moment, dengan hasil nilai r-hitung yaitu 0,998. Harga r-tabel untuk n=27 adalah 0,388. Jadi, r-hitung > rtabel (0,998 > 0,388). Kata kunci: Minat Membaca Karya Sastra, Kemampuan Menulis PuisiReferences
Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif ; Komunikasi,Ekonomi, dan Kebijakan Publik
Serta Ilmu-Ilmu Sosal Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa ; Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka
Cipta
Chulsum Umi dan Windi Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : KashikoDantes,
Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset
Pradopo Djoko Rachmat. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University
Press Kasiram, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. UIN-Maliki
Press: MalangMohzana. 2006. Diktat Pengantar Statistik Pendidikan. STKIP Hamzanwadi: Selong
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumadyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik ;Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tampubolon.1993. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henri Guntur. 2008. Membaca; Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Journal of Lombok Studies provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Journal of Lombok Studies can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Journal of Lombok Studies must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Journal of Lombok Studies provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Journal of Lombok Studies can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Journal of Lombok Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License