PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.7459Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan menulis deskripsi bahasa Indonesia. Penelitian ini bertempat di jurusan PGSD UNU NTB tahun akademik 2021/2022. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa semester dua pada jurusan PGSD, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desan factorial 2x2. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan factorial 2x2 ANAVA dengan taraf signifikasni α 0,05. Dalam penelitian data yang dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu tes dan non-tes. Dari hasil analisi dan interpretasi data peneliti mendapatkan bahwa. (1) kemampuan menulis deskripsi pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode inqury lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode modeling; (2) kemampuan menulis deskripsi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-independent lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis desriptif. (4) kemampuan menulis deskriptif yang belajar dengan metode inquiri lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode modeling yang memiliki gaya kognitif field-independent; (5) kemampuan menulis deskriptif yang belajar dengan metode modeling lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode inquiri yang memiliki gaya kognitif field-dependent. Penelitian ini disarankan untuk dosen dan guru yang akan mengajarkan kemampuan menulis deskripsi bahasa Indonesia agar menjadi kelas interaktif dan memperoleh mahasiswa yang aktif.
Kata kunci: Gaya Kognitif, Menulis Deskripsi
References
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, bandung: PT Refika Aditama.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Demita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandng: Remaja Rosdakarya.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hardini Isriani, Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & implementasi, Yogyakarta: Group Relasi Iinti Media.
Iskandarwassid dan Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Johonson, Elaine B. (2011). CTL Contextual Teaching Learning: Menjadi Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Kafiar, dkk. (2015). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. ISSN: 2303-0992.
Khodadady, Ebrahim. (2012). Field-Dependence/Independence Cognitive Style and Performance on the IELTS Listening Comprehension, International Journal of Linguistics, Iran: September, 01. 2012
Lasamahu, Sarina. (2010). Pengarauh Pendekatan Pembelajarn dan Kreativitas Verbal Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Bahsa Jerman Siswa Sma Negeri 7 Ambon Jakarta: Pascasarjana UNJ. 2010
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Susanto, Herry Agus. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Sleman: Deepublish.
Uno, Hamzah B. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama.
Yami, H. Martinis, M.Pd. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada.
Yazici, Yasemin Erkan. (2013). Effects of spatial experiences & cognitive styles in the solution process of space-based design problems in the first year of architectural design educatio, Int J Technol Des Educ (2013) 23:1005–1015 DOI 10.1007/s10798-012-9220-x, Istanbul Kultur University, Istanbul, Turkey.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Journal of Lombok Studies provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Journal of Lombok Studies can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Journal of Lombok Studies must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Journal of Lombok Studies provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Journal of Lombok Studies can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Journal of Lombok Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License