Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Terhadap Minat Islamic Entrepreneurship Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara

Authors

  • Maulida Qadisyah UINSU
  • Nurbaiti Nurbaiti UINSU
  • Khairina Tambunan UINSU

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.26505

Keywords:

Attitude; Interest in Entrepreneurship; Knowledge; Motivation;

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji bagaimana mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sumatera Utara termotivasi, berpengetahuan, dan cenderung berwirausaha Islami. Memanfaatkan teknik survei, metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Seratus mahasiswa FEBI mengisi kuesioner untuk mengumpulkan data, yang kemudian dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam Islamic entrepreneurship. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam memberikan pemahaman yang lebih mendalam, sikap positif terhadap kewirausahaan mendorong keinginan untuk berpartisipasi, dan motivasi yang kuat memperkuat minat untuk memulai bisnis berbasis syariah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan pengetahuan, sikap, dan motivasi secara bersama-sama dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap Islamic entrepreneurship, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pengembangan ekonomi Islam di Indonesia.

References

Aisyah, S., Rahmani, N. A. B., & Hasibuan, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Muslim. Journal on Education, 5(4), 11740–11757. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2131

Darmawan, D. R. (2023). Pengaruh Modal, Sikap Kewirausahaan, dan Pengalaman Berdagang terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Segiri Samarinda. Skripsi Universitas Mulawarman Samarinda.

Effrisanti, Y., & Wahono, H. T. T. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Diri, dan Love of Money Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 148–156. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p148-156

Handayani, W. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Palembang di Yogyakarta). Universitas Ahmad Dahlan.

Hariyanto, M., & Ie, M. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Media Sosial terhadap Keberhasilan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 511–518. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23422

Hartini, H., Wardhana, A., Normiyati, N., & Sulaiman, S. (2022). Peran self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha women entrepreneur yang dimediasi oleh pengetahuan kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(2), 132–148. https://doi.org/10.21067/jem.v18i2.7036

Haryanti, T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa di Politeknik Tunas Pemuda. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 341–345. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24634

Heriyanto, H., & Ie, M. (2024). Peran Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Berwirausaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(1), 260–269. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i1.28601

Irfinanda, S. O. (2022). Pengaruh Modal Sendiri, Kredit Usaha rakyat (Kur), Sikap Kewirausahaan, Lokasi Usaha, Lama Usaha Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Sleman. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1).

Kautonen, T., van Gelderen, M., & Fink, M. (2015). Robustness of the theory of planned behavior in predicting entrepreneurial intentions and actions. Entrepreneurship: Theory and Practice, 39(3), 655–674. https://doi.org/10.1111/etap.12056

Kesuma, P., & Nurbaiti, N. (2023). Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan. Jesya, 6(1), 694–703. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.979

Liñán, F., & Fayolle, A. (2015). A systematic literature review on entrepreneurial intentions: Citation, thematic analyses, and research agenda. International Entrepreneurship and Management Journal, 11(4), 907-933.

Marliyah, Muhammad Yafiz, Budi Darma, A. M. B. S. (2022). Analisi Kebutuhan Industri Keuangan Syariah Terhadap Kompetensi Luaran Pendidikan Tinggi Islam. Human Falah, Volume 9., 10.

Milda, M., Mulyadi, M., & Musbaing, M. (2023). Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Program Wirausaha Merdeka di Universitas Muhammadiyah Makassar. Al-Musannif, 5(1), 17–32. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v5i1.85

Nawawi, Z. M. (2022). Keniscayaan Memahami Fikih Muamalat bagi Wirausaha. Journal of Islamic Social Finance Management, 2(2), 164–175. https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i2.4156

Nuhlasita, W. A. M., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Sikap, Efikasi Diri, dan Karakteristik Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 12(1), 51. https://doi.org/10.24036/011166370

Obschonka, M., Stuetzer, M., Audretsch, D. B., Rentfrow, P. J., Potter, J., & Gosling, S. D. (2016). Macropsychological Factors Predict Regional Economic Resilience During a Major Economic Crisis. Social Psychological and Personality Science, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.1177/1948550615608402

Rachmawati, H., Rachmawati, H., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 56. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6236

Salsabila, P. A. N., Wibowo, A., & Rachmadania, R. F. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 67–89.

Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). Desain Pembelajaran Technopreneurship Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Uniska Kediri. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77–89. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.880

Siregar, D., Yuslem, N., & Nawawi, Z. M. (2023). Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Strategy for Strengthening Business Incubators to Form an Entrepreneurial Spirit in Islamic University.

Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Prenada Media Group.

Tsuraya, V. A., Hidayatullah, L., Triani, D., Istiqomah, A. N., Putri, F., & Lusianingrum, W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Guna Menumbuhkan Minat Berwirausahaan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5293

Downloads

Published

2024-08-03