Pengaruh Pendekatan Kontekstual Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Muallimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018

Tsamarul Hizbi, fartina .

Abstract


Penelitian ini dilakukan di MTs Muallimin NW Pancor semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster randong sampling, dan didapat kelas VIII-D sebagi kelas eksperimen dan VIII-E sebagi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji-F. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji-t dua jalan. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan kontektual dengan model Problem Based Learning dan Discocvery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018

Keywords


Pendekatan kontektual, Model Problem Based Learning, Discovery Learning dan Hasil belajar IPA Siswa.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ni Nyoman Sri Lestari. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based Learning) dan Motivasi Belajar TerhadapPrestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nusa Penida Tahun Pelajaran 2011/2012.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Kharisma Putra Utama Offset.

Setiono, Fahrizal Eko. 2010 Penggunaan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Demonstrasi Dan Diskusi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: [email protected],
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View KAPPA Stats