Pengaruh Pendekatan Kontekstual Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Muallimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Tsamarul Hizbi Universitas Hamzanwadi
  • fartina . Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1209

Keywords:

Pendekatan kontektual, Model Problem Based Learning, Discovery Learning dan Hasil belajar IPA Siswa.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Muallimin NW Pancor semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster randong sampling, dan didapat kelas VIII-D sebagi kelas eksperimen dan VIII-E sebagi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji-F. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji-t dua jalan. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan kontektual dengan model Problem Based Learning dan Discocvery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018

References

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ni Nyoman Sri Lestari. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based Learning) dan Motivasi Belajar TerhadapPrestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nusa Penida Tahun Pelajaran 2011/2012.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung : Kharisma Putra Utama Offset.

Setiono, Fahrizal Eko. 2010 Penggunaan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Demonstrasi Dan Diskusi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-30

Issue

Section

Articles