Implementasi Metode Scaffolding Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Fisika Statistik

Safiruddin -

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Implimentasi Metode Scaffolding melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada matakuliah fisika statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi metode scaffolding melalui pendekatan problem based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Fisika Statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan fisika Universitas Hamzanwadi yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa  pada matakuliah fisika statistik, Adapaun prosentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada masing-masing siklus yaitu 45% pada siklus I, 51% pada siklus II, dan 58% pada siklus III. Terjadi Peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I sampai siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa implimentasi Metode Scaffolding melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah fisika statistik.


Keywords


Metode Scaffolding, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta

Aryani Novianti,. 2011. Pembelajaran Fisika Tipe STAD Dengan Menggunakan

Media Modul IT dan CD Pembelajaran ditinjau Dari Befikir Kritis dan

Orientasi Kepribadian Bekerjasama Mahasiswa, Tesis Program Pasca

Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. University of Illinois

Gasong, 2007. Langkah- Langkah Pembelajaran Scafollding. Diposkan oleh Fhian 02 April 2011

Subagiyo, Lambang & Matius, Benyamin. 2015. Problem-Based Learning dalam

Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Statistik. Cendekia, 9(2): 177-188.

Katminingsih, Yuni.2009. Vygotsky dan Teorinya dalam Mempengaruhi Desain

Pembelajaran Matematika. Malang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Blitar




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: [email protected],
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats