Implementasi Metode Scaffolding Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Fisika Statistik

Authors

  • Safiruddin - STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1210

Keywords:

Metode Scaffolding, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Implimentasi Metode Scaffolding melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada matakuliah fisika statistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi metode scaffolding melalui pendekatan problem based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Fisika Statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan fisika Universitas Hamzanwadi yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa  pada matakuliah fisika statistik, Adapaun prosentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada masing-masing siklus yaitu 45% pada siklus I, 51% pada siklus II, dan 58% pada siklus III. Terjadi Peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I sampai siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa implimentasi Metode Scaffolding melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah fisika statistik.

References

Arikunto,Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta

Aryani Novianti,. 2011. Pembelajaran Fisika Tipe STAD Dengan Menggunakan

Media Modul IT dan CD Pembelajaran ditinjau Dari Befikir Kritis dan

Orientasi Kepribadian Bekerjasama Mahasiswa, Tesis Program Pasca

Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. University of Illinois

Gasong, 2007. Langkah- Langkah Pembelajaran Scafollding. Diposkan oleh Fhian 02 April 2011

Subagiyo, Lambang & Matius, Benyamin. 2015. Problem-Based Learning dalam

Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Statistik. Cendekia, 9(2): 177-188.

Katminingsih, Yuni.2009. Vygotsky dan Teorinya dalam Mempengaruhi Desain

Pembelajaran Matematika. Malang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Blitar

Downloads

Published

2018-12-30

Issue

Section

Articles