Penerapan Model Hands On Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Laxmi Zahara Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i2.1212

Keywords:

Model Hands On Activity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi pada mata kuliah Fisika Dasar.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah pnelitian kualitatif berupa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran. Desain penelitian diadopsi dari Hopkins dengan langkah identifikasi masalah, perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes berupa soal uraian sementara nilai ativitas belajar mahasiswa dioeroleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, nilai mahasiswa mengalami peningkatan dari rata-rata 69 meningkat menjadi 80 pada siklus 2. Nilai mahasiswa yang berada pada katergori baik yaitu mahasiswa yang memperoleh nilai ≤ 65 meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 81% pada siklus 2. Aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori sedang pada siklus I, meningkat  ke kategori tinggi pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model Hands On Activity dapat meningkatkan hasilbelajar dan aktivitas belajar mahasiswa

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Hariri, A. I. (2015). Makalah 'Pembelajaran Berbasis Hands On Activity (dalam pembelajaran Sains Kontekstual)'. Retrieved 11 2019, from Academia: www.academia.edu

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pertiwi, H. S. (2013). Penerapan Hands on Activity pada pembelajaran IPA bertema Operasi LASIK untuk meningkatkan Literasi Fisika siswa. simposium nasional inovasi dan pembelajaran sains (p. 107).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiraatmaja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-12-30

Issue

Section

Articles