Pengembangan Materi Ajar Elektronik Berbantuan Komik pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Authors

  • Siti Noor Khalisah Universitas Lambung Mangkurat
  • Sarah Miriam Universitas Lambung Mangkurat
  • Saiyidah Mahtari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.12430

Keywords:

Fluida statis, materi ajar elektronik, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar elektronik berbantuan komik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan diuji cobakan pada 29 peserta didik kelas XI MIPA 1  di salah satu SMAN di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, angket minat belajar dan tes hasil belajar. Hasil materi ajar menunjukkan bahwa : (1) Validasi memperoleh skor 3,43 dengan kategori sangat baik, (2) Kepraktisan memperoleh skor 3,14 dengan kategori praktis, (3) Keefektivitasan memperoleh nilai n-gain 0,69 dengan kategori sedang. Minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan materi ajar elekronik berbantuan komik.

Author Biographies

Siti Noor Khalisah, Universitas Lambung Mangkurat

Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat

Sarah Miriam, Universitas Lambung Mangkurat

Pendidikan Fisika

Saiyidah Mahtari, Universitas Lambung Mangkurat

Pendidikan Fisika

References

Aini, N., Zainuddin., & Mahardika, A, I. (2018). Pengembangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–277. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4919

Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Deepublish Publisher.

Astuti, M.W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727.

Cholisoh, E. (2021). Penerapan Media Komik Sains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gejala Pemanasan Global di SMA Negeri 10 Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 36-40. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3603

Dewi, M. A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Cartoon Story Maker Pada Materi Kalor Untuk Tingkat SMP/MTs Kelas VII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Diansah, I., & Asyhari, A. (2020). Effectiveness of physics electronic modules based on Self Directed Learning Model (SDL) towards the understanding of dynamic fluid concept. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012024

Irwandi., & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuni, 5(1), 33–34.

Karlina, K., Susilowati, E., & Miriam, S. (2019). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 48–55.

Mutia, D. I. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Hukum Newton dengan Menggunakan Media Komik Pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Real Riset, 2(2), 1–9. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/view/82%0Ahttp://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/download/82/203

Nababan, S. T., & Putri, D. H. (2022). Pengaruh Penerapan Media E-Learning Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Saat Tatap Muka Terbatas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 234–246.

Nurdini, S, D., Husniyah, R,. Chusni, M, M., & Mulyana, E. (2022). Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 136–146. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jipf.v6il.3295

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: Media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43.

Rahmawati, L., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika pada Topik Impuls dan Momentum Linear. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021"Redesain Pembelajaran IPA Yang Adaptif di Masa Pandemi Covid 19".

Ridho, M. H., Wati, M., Misbah, M., & Mahtari, S. (2020). Validitas bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 87–98.

Sholihah, N., & Indana, S. (2018). Validitas Kepraktisan LKPD Literasi Sains Pada Materi Jamur Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 177–186.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Ulfah, Y., An’nur, S., & Mahardika, A. I. (2015). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.755

Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Downloads

Published

2023-08-18

Issue

Section

Articles