Pengaruh Model Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Problem Solving Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.20931Keywords:
model guided inquiry learning, kemampuan problem solvingAbstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan dan keahlian. Sejalan dengan hal tesebut Kemendikbud merumuskan keterampilan 4C yang haruus dimiliki peserta didik, salah satunya adalah kemampuan problem solving. Namun kemampuan problem solving peserta didik masih dalam kategori rendah. Hal ini juga terjadi di SMAN 1 Masbagik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model guided inquiry learning terhadap kemampuan problem solving peserta didik pada pembelajaran fisika, Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model guided inquiry learning, sedangkan kelas kontrol meggunakan model konvensional. Instrumen yang digunkan untuk mengukur kemampuan problem solving berupa tes uraian. Hasil pengujian hipotesis yang didapatkan yakni . Oleh karenanya, ditolak diterima. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa model guided inquiry learning berpengaruh terhadap kemampuan problem solving peserta didik pada pembelajaran fisika.
References
Aristianti, E., Susanto, H., & Marwoto, P. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 67-73. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22470
Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Sukabumi: CV Jejak.
Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, l9(2), 199-209. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735
Maharani, R.J. P., Taufik, M., Ayub, S., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 113–118. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.326
Mawati, Siregar, Fauzi, Purba, Sinaga, Ili,…Cecep. (2021). Strategi Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita Menulis.
Nurpatri, Y., Maiefli, D., Zaturrahmi, & Indrawati, E. S. (2022). Analisis Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(3), 912–918. https://doi.org/ 10.37630/jpm.v12i3.701
Polya, G. (2014). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. Princeton: Princeton University Press.
Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan Seacara Global dan Nasional. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sari, Y. K. & Tanjung, S. (2020). Meta Analisis Terhadap Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa SLTP. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(26), 263–278.
Yazid, M. M, & Suprapto,N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 7(2), 246–251. Retreived from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/24183/0
Yuliana, Hikmawati, & Wahyudi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kappa Journal. 4(1), 85–92. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1990
Young, H. D. & Freedman, R. A. (2002). Sears dan Zemansky Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.