Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa

Authors

  • Lovandri Dwanda Putra Prodi PGSD, Universitas Ahmad Dahlan
  • Anis Thasia Prodi PGSD, Universitas Ahmad Dahlan
  • Nisa Istinawaro Prodi PGSD, Universitas Ahmad Dahlan
  • Nida Ulayya Prodi PGSD, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.20961

Keywords:

Media digital, kejenuhan, siswa SD, metode pembelajaran, teknologi digital.

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan media digital dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa SD Negeri Wirosaban. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media digital dengan permasalahan kejenuhan yang dialami oleh siswa sekolah dasar. Metode kualitatif dan deskriptif adalah metode yang digunakan untuk penulisan artikel ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa teknologi digital yang sering digunakan dalam proses belajar di SD Negeri Wirosaban yaitu proyektor, pen tab, serta media digitalnya berupa whatsapp, video youtube, word dan power pont. Tidak ada perbedaan sikap dalam belajar dengan metode ceramah ataupun dengan belajar menggunakan media digital dan metode ceramah belum tentu menjadikan siswa jenuh. Metode dan media yang diberikan oleh guru menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga guru di SD tersebut menggunakan metode double standar dalam menyampaikan bahan ajar. Kebutuhan siswa di SD Negeri Wirosaban berbeda-beda dikarenakan siswa di SD tersebut merupakan siswa campuran yang 40% anak merupakan ABK.

 

 

References

Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203

Desstya, A. (2015). PENGUATAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA.

Heri Hidayat, Heny Mulyani, Sri Devi Nurhasanah, Wilma Khairunnisa, & Zakitush Sholihah. (2020). PERANAN TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol.8 No.2.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19 (THE ADVANTAGES OF USING DIGITAL LEARNING MEDIA IN INCREASING LEARNING MOTIVATION OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS DURING THE COVID-19 PANDEMIC). In Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (Vol. 2, Issue 2).

Kadir, S., Rizal Masdul, M., & Tarbiyah, B. (2018). UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR (Tinjauan Pendidikan Islam Pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala) EFFORTS TO OVERCOME LEARNING LEARNING (Review of Islamic Education in Banawa 10 Public Elementary School, Donggala Regency).

Meling, M., Pendidkan, M., Sekolah, G., Universitas, D., & Wacana, K. S. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Pitriyati, N., Noviani, D., IAIQI Indralaya Sumatera Selatan, P., & Kunci Pendidikan Brunei Darussalam Indonesia, K. (2023). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Perbandingan Sistem Pendidikan Islam Brunei Darussalam Dan Indonesia. In Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) (Vol. 1, Issue 1).

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Indonesia, Februari, 2020(2), 157–163. http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index-157-

Tri Sukitman, Ahmad Yazid, & Mas’odi. (2020). Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020 “Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah” Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/dewiqraf/5e81872102c9f046bd5b0732/peran-guru-ditengah-pandemi-covid-

Buku: Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles