Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida

Authors

  • Fartina Fartina (Scopus ID: 57217993712, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi
  • Tsamarul Hizbi Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Laxmi Zahara Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Sapiruddin Sapiruddin Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Yunus Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.21219

Keywords:

Constructivism Model, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence of the constructivism model through experimental and demonstration methods on student learning outcomes on fluid material at SMA Negeri 1 Suralaga in the 2022/2023 academic year". This study uses an experimental method with a posttest-only control design, which only provides a post-test at the end of the treatment. The population in this study were all students of class XI IPA SMA Negeri 1 Suralaga. Meanwhile, the sample in this study was class IPA 1 as the experimental group and class XI IPA 2 as the control group. The two samples were randomly selected with either Cluster Random Sampling (Area Sampling). The experimental group was taught physics using the constructivism model through experimental and demonstration methods and the control group was taught physics using the conventional model. The research data were analyzed using a one-sided t-test. Based on the results of the study obtained tcount (2,73 ) > ttable (1,68 )   at a significant level  is received. So, it can be concluded that there is an influence of the constructivism model through experimental and demonstration methods on student learning outcomes on fluid material.

Author Biography

Fartina Fartina, (Scopus ID: 57217993712, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi

References

Aprida pane, dkk (2017) Belajar dan Pembeljaran.jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. Volume.03,No.2. Hal 334.

Arikunto 2018. Prosedur penelitian :suatu pendekatan praktik, Jakarta Rineka Cipta.

Budiyono, 2009. Statistika untuk penelitian edisi ke-2. Surakarta: sebelas maret university, press

Djamrah (2014) metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan. Vol. 05, No 2 tahun 2020

Djamrah (handayana, 2015:125) Metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan jiwa kewirausahaan siswa sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan. Vol. 20 No.2 Agustus tahun 2017

Djaali dan panji mulyono. 2008, pengukuran dalam bidang pendidikan, (Jakarta: Grasindo)

Hamalik ,Oemar. 2004. Proses belajar mengajar, Jakarta bumi aksara

Muhibbin syah, (2000 :22). Pengertian metode demosntrasi. (online).

Tersedia:

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/definisi-metode pembelajaran-menurut.html.

Nugroho, puspa. 20215. Pandangan Kognitivisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini Thuful.A: Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol.3 No.2 Juli-Desember

Ndaru kukuh masgumelar & pinton setya Mustafa (2021) teori belajar kosntruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. Islamic education journal vol(2) issue(1) 2021

Purwanto .(2008) Evaluasi Hasil Belajar. Bandung :pustka belajar

Purwanto. (2017) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: pustaka belajar

Patma Kartikasari, (2009) penggunaan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen dan demonstrasi pada pokok bahasan elastisitas ditinjau dari kemampuan matematika siswa di SMA. Surakarta: sebelas maret university, press

Ridwan . (2012 ) metode dan tehnik menyusun proposal penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016) metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung PT Alfabet

Skinner (1985) belajar dan pembelajaran 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Sulawesi selatan: CV Kaffah learning Center

Syaiful bahri djamrah dan aswan zain, strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Safraudin (2016) teori belajar konstruktivisme. Jurnal kajian islam dan pendidikan Vol 8, No .2 2016

Tunggal Purwatisari Handayani, (2009)”Pembelajaran fisika dengan pendekatan induktif melalui metode eksperimen dan demonstrasi pada pokok bahasan kalor ditinjau dari kemampuan awal siswa sma kelas X. Surakarta: sebelas maret university, press

Yeni rahmawati, (2007) Pembelajaran fisika dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari ketrampilan menggunakan alat ukur terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan gerak lurus. Surakarta: sebelas maret university, press

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles