Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.24269Keywords:
Effectiveness, Learning Tools, Problem Based, Virtual Laboratory, Problem Solving SkillsAbstract
This research aims to produce an effective tool for improving students' physics problem solving abilities. The learning tool developed uses a problem-based learning model with the help of a virtual laboratory to improve students' problem solving abilities. The research design used is 4D model development research consisting of Define, Design, Develop, and Disseminate. The products developed are Syllabus, RPP, LKPD, Teaching Materials, Learning Media, and Problem Solving Ability Test Instruments. The data collection technique uses the N-Gain test and is interpreted into an interpretation of effectiveness. Improving students' problem solving abilities from the results of this research shows that the N-Gain test value is 0.72 in the high category. Based on this research, it can be concluded that problem-based learning tools assisted by virtual laboratories are effective in improving students' problem-solving abilities
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aripin, W., Sahidu, H., dan M. Makhrus. (2021),
Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1),20-23.
Aziz, A., Rohmat J., & Kosim, K. (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Kelas X SMAN 1 Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Tahun pelajaran 2014/2015 Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 200-207.
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Jurnal, Jurnal Pendidika Fisika dan Teknologi 2(3): 129-135.
Intandari, R., Sri, A., & Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(4), Hal: 349-355.
Khamzawi. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fissika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100-108.
Kusdiastuti, M., A. Harjono, H. Sahidu, & Gunawan, G. (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 02 (03), 116-122.
Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model with Cognitive Conflight Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1): 62-66.
Manikowati,N. F., & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Model Mobile Siswa SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 23.
Naufal, E., et al. (2021). Asiknya Pembelajaran Fisika dalam Jaringan di Tengah Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.
Noviatika, R., Gunawan, G., & Rokhmat, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mobile Pocket Book Fisika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 240–246.
Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S., (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan teknologi 1(3),173-179.
Pane, A., & Dasopang D.M. (2017). Belajar dan Pembelajaran, FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 03 (02): 333-352.
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18– 22.
Rahmana, F., Susilawati, S., & Kosim, K. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 7(SpecialIssue), 326-330.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Segening, C. P., Gunawan G., Rochmat, J, & Gunada I.W., (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Berbasis Masalah Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2), 512-518.
Solikha, N., Suchainan, S., & Rasyida, I. 2020. Efektivitas
Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoologi Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi dan Sosial, 11(1): 21-42
Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction Pada Siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 65-78
Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulardi,S.,Nur,M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vol. 5, No.1: 802-810.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instrutional Development for training teacher of exceptional children: Washington, D.C: National Center for Improvement of educational System.
Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PhET: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal. 2(1), Hal: 40-46.
Verawati, N. N. S. P., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Esseential Competencies in Education. 1(1), 11-17.
Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu Jurnal Kumparan Fisika 1(3) : 29-35.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal Of Science and Mathematics Education 02(03), 399-408.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kappa Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan