Analisis Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Calon Guru Fisika dalam Mata Kuliah Micro Teaching

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.24570

Keywords:

Technological Pedagogical ability and Content Knowledge, Physics Teacher Candidate, Microteaching course

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) mahasiswa pendidikan fisika sebagai calon guru bidang studi fisika dalam menyiapkan pembelajaran berupa perangkat pengajaran dalam perkuliahan microteaching. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan fisika IKIP PGRI Pontianak semester VI TA. 2022/2023, dan penelitian ini dilaksanakan selama 8 bulan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi yang dikembangkan dari komponen Technological Pedagogical and content knowledge (TPaCK) menurut Santos dan Castro. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah microteaching dalam menyiapkan perangkat pembelajaran ditinjau dari Technological Pedagogical and content knowledge (TPaCK) termasuk dalam kategori cukup. Namun, pada komponen technology content knowledge masih rendah. Evaluasi untuk kedepannya diharapkan untuk melakukan perubahan dalam menerapkan strategi pengajaran dan fokus dalam penggunaan teknologi agar mahasiswa calon guru dapat menerapkan dalam penyusunan perangkat pembelajaran khususnya dalam mata kuliah microteaching.

References

Barber, M., & Morshed, M. (2007). How the World’s Best Performing Schols Come Outon Top. New York: Mc kKinsey & Company

Chai, C. -S., Koh, J. H. -L., & Tsai, C. -C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. EducationalTechnology & Society, 16 (2), 31–51.

Direktoral Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kerja (PMPTK). (2008). Data Basis Guru. SIMPTK 2006 PMPTK (Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan). 2008 Presentation on costs associated with the Teacher Law of 2005, Yogyakarta, Indonesia.

Harris, J. B., & Hofer, M. J (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action: A Descriptive Study of Secondary Teachers’ Curriculum Base, Technology – Related Instructional Planning. Journal of Research on Technologi in Education, 43: 211- 229.

Hayati, D. K., Sutrisno, & Lukman, A. (2014). Pengembangan Kerangka Kerja TPACK pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dalam Mencapai HOTS Siswa. Edusains, 3: 53- 61.

Hewitt, J. (2008). Reviewing the handbook of technological pedagogical pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8 (4), 355 – 360.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media dan Pustekom Diknas.

Mishra, P. dan M. J. Koehler. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teacher College Record. 6 (108): 1017-1058.

Reiser, R and Gagne, R. M. 2008. The selection of media for instruction. Englewood Cliffs, Nj. Educational Tecnology Publications.

Ridla, M. (2008) Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran. Tadris, 3(1), 30-44.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Shulman, L.S. (1986). Those Who Understand, Knowledge Growth in Teaching. Educational Reasearcher Vol. 15, No 2, Page 4-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2012 (cet. 15).

Suyamto, J., Masykuri & Sarwanto. (2020) Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Vol. 9, No. 1, 2020 (hal 44-53). (http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri).

Warsito, Hadi (2009). Hubungan Antara Self Efficacy dengan penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Studi Kasus paa Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya) Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. IX. No. 1

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles