Uji Instrumen Penguasaan Konsep Fisika Pada Pokok Bahasan Elastisitas Dan Hukum Hooke

Authors

  • Yuliana Yuliana Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram
  • Muhammad Zuhdi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram
  • Muhammad Taufik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.24874

Keywords:

Uji Instrumen, Penguasaan Konsep Fisika, Elastisitas, Hukum Hooke

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji instrumen penguasaan konsep fisika pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah instrumen penilaian penguasaan konsep fisika kelas XII MIPA di SMAN 1 Lembar. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling dan dari empat kelas diperoleh peserta didik kelas XII MIPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk mengukur penguasaan konsep fisika peserta didik. Uji instrumen yang dilaksanakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesurakaran. Berdasarkan hasil uji instrumen penguasaan konsep di SMAN 1 Lembar, diketahui bahwa untuk uji validitas dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebanyak 22 soal dalam kategori valid dan 8 soal dikategori tidak valid, untuk uji reliabilitas dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 30 soal dalam kategori reliabel, untuk uji daya beda diperoleh 19 soal dalam kategori diterima, 4 soal dalam kategori diperbaiki dan 7 soal dalam kategori ditolak, untuk uji tingkat kesukaran diperoleh 14 soal dikategori mudah, 15 soal dikategori sedang dan 1 soal dikategori sukar.

References

Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Anderson, L. W & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustakan Belajar.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 2(1). 28-36.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Wildan, Muhammad Taufik & Gunawan, G. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika da Teknologi, 5 (1). 6-10.

Iskandar, Ranu. (2019). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga kendaran Ringan. Jawa Barat: Jejak Publish.

Muslim, H., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI). 3(2). 35-50.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah (I nd ed). Magelang: Staial Press.

Sappaile, B. I. (2017). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(6). 379-391.

Situmeang, I. R. V. O. (2021). “Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu”. Jurnal IKRA-ITH Humaniora. 5(1). 76

Suharsimi, A., 2009, Dasar-dasar EvaluasiPendidikan, Edisi revisi, cetakan 9, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukendra, I. K. & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian. Denpasar: Mahameru Press.

Suryana, 2010, Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles